Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mart Mitra Maju Sejahtera.

Syahdat, Putri and Zaini, Oktori Kiswati and Suganda, Erik Irawan (2023) Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mart Mitra Maju Sejahtera. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2023 Putri Syahdat 021119043.pdf

Download (3MB)

Abstract

PUTRI SYAHDAT. 021119043. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mart Mitra Maju Sejahtera. Di bawah bimbingan : OKTORI KISWATI ZAINI dan ERIK IRAWAN SUGANDA. 2023. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) membawa dampak terhadap peningkatan sumber pendapatan asli desa, perlu adanya strategi dalam menjalankan usaha. Berdasarkan data yang didapat tingkat penjualan mengalami fluktuasi dan strategi pemasaran yang dilakukan BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera kurang efektif. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor eksternal dan internal serta untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat pada BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera. Jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan narasumber nya yaitu Direktur, pengurus, supplier dan konsumen BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera. Pemilihan narasumber dilakukan dengan metode Non Probability Sampling dengan total 18 narasumber berdasarkan teknik judgment sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil strategi pemasaran berdasarkan matriks SWOT, strategi SO yaitu mengembangkan produk yang ada pada event,rutin mempromosikan produk dan melakukan stok opname. Strategi WO yaitu memperbaiki manajemen pengadaan produk, menambah fasilitas sarana dan prasarana. Strategi ST yaitu melakukan evaluasi, menambah inovasi produk dan melengkapi produk. Strategi WT yaitu mengecek stok persediaan barang, ikut andil dalam sponsorship kegiatan masyarakat dan meningkatkan penggunaan sosial media dan e-commerce. Berdasarkan matriks QSPM strategi terbaik yang dapat digunakan oleh BUMDes Mart Mitra Maju Sejahtera yaitu rutin mempromosikan produk-produknya melalui media sosial dan e-commerce. Kata kunci : Strategi pemasaran, EFE&IFE, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:58
Last Modified: 20 Oct 2023 01:58
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6995

Actions (login required)

View Item View Item