Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kebijakan Dividen, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

Khaerunnisa., Ninda and Sunarta, Ketut and Rusmanah, Enok (2022) Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kebijakan Dividen, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Ninda Khaerunnisa (022117185)_Skripsi FINAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

NINDA KHAERUNNISA. 022117185. Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kebijakan Dividen, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019). Di bawah bimbingan : KETUT SUNARTA dan ENOK RUSMANAH. 2022. Nilai perusahaan merupakan salah satu indikator dari pihak ketiga tentang penilaian perusahaan secara keseluruhan dengan usulan untuk menyediakan investasi pada perusahaan, karena jika nilai perusahaan tinggi maka pasar akan percaya bahwa perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik dan dapat menjamin keberlanjutan kepentingan pemegang saham di masa depan. Investor menanamkan modalnya dalam bentuk saham dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan ekonomi di masa yang akan datang, sehingga semakin besar kemampuan suatu perusahaan dalam memperoleh laba maka semakin tinggi pula keuntungan ekonomis yang dibutuhkan investor yang artinya akan berdampak positif pada peningkatkan nilai perusahaan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan antara lain corporate social responsibility, kebijakan dividen dan keputusan investasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh corporate social responsibility, kebijakan dividen, dan keputusan investasi secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2019. Sampel yang digunakan sebanyak 27 perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu verifikatif dengan metode explanatory survey. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan metode penarikan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t, uji F dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 25. Pengujian secara parsial dengan uji t mendapatkan hasil bahwa Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Kebijakan Dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Keputusan Investasi berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hasil pengujian secara simultan dengan uji F yaitu Corporate Social Responsibility, Kebijakan Dividen, dan Keputusan Investasi berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, dan Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi keuangan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:58
Last Modified: 20 Oct 2023 01:58
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/6999

Actions (login required)

View Item View Item