Hariza, Mazira Nur and Andria, Fredi and Hilman, Iman (2023) Digital Marketing & Customer Relationship Management Terhadap Customer Loyalty Nasabah Bank Negara Indonesia, Kantor Cabang Cibinong. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2023 Mazira Nur Hariza 021119389.pdf Download (3MB) |
Abstract
Mazira Nur Hariza, 021119389, Digital Marketing & Customer Relationship Management Terhadap Customer Loyalty Nasabah Bank Negara Indonesia, Kantor Cabang Cibinong, di bawah bimbingan ketua komisi pembimbing FREDI ANDRIA dan anggota komisi pembimbing IMAN HILMAN. 2023. Perkembangan perekonomian suatu negara dapat ditandai dengan pertumbuhan industri perbankan yang ada dalam negara tersebut. Zaman era digital yang semakin berkembang dengan adanya kecanggihan teknologi digital membuat pendapatan profit meningkat dalam setiap perusahaan. Selain itu pola perubahan perilaku nasabah yang menyukai digital untuk membuat lebih cepat, aman, dan juga hemat, serta para nasabah yang menginginkan transaksi tanpa dibatasi jarak maupun waktu. Oleh itu Digital Marketing merupakan satu cara yang diharapkan dapat mempermudah setiap aktivitas transaksi di bank. Pendekatan pemasaran era digital marketing tidak hanya memasarkan produk, tetapi menjangkau nasabah dengan hubungan-hubungan yang dibangun antara bank dengan nasabahnya pada masa sebelum menjadi nasabah ataupun setelah menjadi nasabah maka dari itu sangatlah erat kaitannya dengan customer relationship management. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, pemilihan responden dilakukan melalui purposive sampling dengan batas para nasabah bank BNI KC Cibinong dengan jumlah responden 100 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner yang kemudian data tersebut diolah melalui uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS, analisis deskriptif dan Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS versi 3.3.9. Hasil dari penelitian ini adalah Digital marketing dan Customer relationship management memiliki hubungan yang positif dan signifikan artinya bahwa variable CRM signifikan sebagai variable intervening. Maka dengan demikian variable digital marketing terhadap variable customer loyalty melalui variable CRM sebagai variable intervening diterima. Digital marketing berpengaruh terhadap customer loyalty melalui variable CRM sebesar 0,1631 yang artinya jika digital marketing meningkat, secara tidak langsung CRM pun akan ikut meningkat sebesar 16,31%. Jadi dapat disimpulkan digital marketing mempengaruhi customer loyalty melalui CRM berpengaruh secara positif dan signifikan. Keyword: Digital Marketing, Customer Relationship Management, Customer Loyalty
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 02:01 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 02:01 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7060 |
Actions (login required)
View Item |