Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Di Media Sosial Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi LinkAja Di Kota Bogor.

Rifdah, Dania and Andrianto, Nizam and Yudha, Aditya Prima (2023) Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Di Media Sosial Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi LinkAja Di Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2023 Dania Rifdah 021119042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dania Rifdah. 021119042. Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Di Media Sosial Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi LinkAja Di Kota Bogor. Di bawah bimbingan: Nizam M. Andrianto,SP.,MM dan Aditya Prima Yudha, S.Pi.,MM, 2023. Perkembangan dalam penggunaan media sosial dapat membantu para pelaku usaha untuk dapat memasarkan produk atau jasanya secara efektif dan efisien. Kondisi tersebut, memberikan peluang untuk terciptanya konsep pemasaran Electronic Word Of Mouth (E-WOM). LinkAja sebagai salah satu e-wallet yang ada di Indonesia, menerapkan konsep pemasaran E-WOM melalui media sosial. Sebagai penyedia jasa transaksi elektronik yang berada dibawah naungan BUMN, posisi LinkAja masih berada di bawah brand e-wallet lain seperti OVO, Gopay dan beberapa pesaing lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh E-WOM di media sosial pada keputusan penggunaan aplikasi LinkAja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausal, dengan responden pengguna aplikasi LinkAja di Kota Bogor yang juga pengikut akun media sosial LinkAja. Pemilihan responden dilakukan dengan metode non probability sampling, yakni teknik quota sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Lemeshow. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan pengumpulan data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif serta analisis SEM-PLS. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengaruh Electronic Word Of Mouth di media sosial terhadap keputusan penggunaan aplikasi LinkAja di Kota Bogor yaitu sebesar 94.4% dan dapat diketahui bahwa dari tiga aspek yang terdapat pada Electronic Word Of Mouth, aspek konten memberikan pengaruh paling besar dalam mempengaruhi keputusan penggunaan dibandingkan dengan aspek lain yaitu aspek intensitas dan pendapat. Kata Kunci : electronic word of mouth, keputusan penggunaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:05
Last Modified: 20 Oct 2023 02:05
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7121

Actions (login required)

View Item View Item