Strengthening Competitiveness Batik New Normal Bogor : Penerapan Digital Marketing Social Media Instagram pada Produk Kearifan Lokal Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor

Sunarzi, Muhamad and Andria, Fredi and Salmah, Salmah (2023) Strengthening Competitiveness Batik New Normal Bogor : Penerapan Digital Marketing Social Media Instagram pada Produk Kearifan Lokal Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2023 Muhamad Sunarzi 021119139.pdf

Download (3MB)

Abstract

MUHAMAD SUNARZI. 021119139. Strengthening Competitiveness Batik New Normal Bogor : Penerapan Digital Marketing Social Media Instagram pada Produk Kearifan Lokal Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan SALMAH, 2023 Desa Tegal Kecamatan Kemang yang bertempatkan di Kabupaten Bogor memiliki pengrajin Batik New Normal Bogor (BNNB) yang digagas pada tahun 2021. Tetapi secara signifikan hal tersebut belum mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa tersebut. Berdasarkan hasil diskusi dengan Mitra BNNB Desa Tegal masih memiliki ciri dan potensi budaya yang belum diberdayakan. Berdasarkan hasil pengalaman dalam memberdayakan suatu usaha mikro kecil menengah di Desa Tegal Kecamatan Kemang, melalui desain batik new normal, promosi menggunakan media sosial Instagram, melakukan pemasaran melalui digital marketing dan menjalin kerjasama pemasaran melalui fitur E-commerce yang terdapat di Instagram. Agar keberhasilan ini dapat diperluas dan diwujudkan sesuai dengan harapan mitra batik Desa Tegal untuk meningkatkan daya saing produk kearifan lokal desa tegal maka diusulkan penerapan digital marketing pada Mitra Batik New Normal Bogor (BNNB), sehingga dapat bersaing dengan produk sejenis dan dapat meningkatkan penjualan batik new normal Bogor. Program ini telah diinisiasi dengan pembentukan akun social media Instagram @galeri_batiknewnormalbogor yang di kelola oleh mitra batik BNNB. Pemasaran digital galeri batik new normal Bogor di Desa Tegal ini di implementasikan melalui beberapa tahapan yaitu diantaranya, sosialisasi digital marketing dan urung rembuk social media Instagram yang digunakan untuk pelatihan promosi digital, beserta pendampingannya. Program dilanjutkan melalui pendampingan promosi melalui instagram, manajemen usaha mikro, promosi terintegrasi media belajar pembuatan konten dan siaran langsung, kerjasama dan pemasaran. Pendampingan kerjasama pemasaran difokuskan pada pemanfaatan fitur fitur E-commerce yang tersedia di instagram sehingga program ini sekaligus dapat menjadi media edukasi budaya khususnya BNNB untuk generasi milenial, dan diharapkan penguatan budaya batik berkelanjutan dapat meningkatkan ekonomi warga. Program ini juga dilengkapi dengan menggunakan media promosi diantaranya berupa, live Instagram, reel, post, story dan story highlight. Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya akun Instagram yang digunakan sebagai sarana promosi dengan nama akun @galeri_batiknewnormalbogor serta nama toko online pada Instagram yaitu Tegal village. Oleh karena proses promosi digital berpotensi mempertemukan mitra dengan konsumen secara langsung maka program tersebut juga dilengkapi dengan pendampingan pelayanan prima. Implementasi pelayanan prima dalam kegiatan ini diantaranya berupa : tips etika bertelepon, tips etika chatting dan tips menangani komplain. Kata kunci : Batik New Normal Bogor, Social Media, Budaya Berkelanjutan, Marketing Digital, Pelayanan Prima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 17 Jan 2024 14:49
Last Modified: 17 Jan 2024 14:49
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7234

Actions (login required)

View Item View Item