Upaya Peningkatan Penjualan Kedai Sushi Imaji Melalui Pengembangan Digital Marketing.

Kamal, Keisa Ariba and Andria, Fredi and Yudha, Aditya Prima (2023) Upaya Peningkatan Penjualan Kedai Sushi Imaji Melalui Pengembangan Digital Marketing. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2023 Keisa Ariba Kamal 021119179.pdf

Download (2MB)

Abstract

KEISA ARIBA KAMAL. 021119179. Upaya Peningkatan Penjualan Kedai Sushi Imaji Melalui Pengembangan Digital Marketing. Di bawah bimbingan: Fredi Andria, STp., MM. dan Aditya Prima Yudha, S.Pi., MM, 2023. Era 4.0 yang kompetitif, para pelaku usaha, terutama usaha mikro dan UMKM, perlu menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Pemasaran secara digital menjadi semakin penting, terutama dalam bidang kuliner yang telah menjadi gaya hidup masyarakat. Pertumbuhan industri makanan dan minuman juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan kemudahan dan meningkatkan kualitas pemasaran digital. Persaingan yang ketat mengharuskan pengusaha menggunakan strategi pemasaran dan media yang tepat untuk meraih pasar dan meningkatkan penjualan. Konsumen juga semakin mudah mendapatkan informasi dan melakukan transaksi online. Digital marketing merupakan inovasi baru dalam dunia pemasaran, di mana produk atau jasa dipromosikan melalui platform digital dan internet. Digital marketing di Indonesia terus berkembang seiring dengan adanya peningkatan pengguna internet. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian asosiatif. Responden penelitian ini adalah para konsumen Kedai Sushi Imaji. Pemilihan responden dilakukan menggunakan metode purposive sampling, dengan total 100 responden yang dihitung berdasarkan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara, dan analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif serta analisis Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara variabel laten digital marketing (accessibility, credibility, entertainment, informativeness, interactivity, dan irritation) dengan penjualan pada Kedai Sushi Imaji. Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek accessibility, entertainment, dan irritation tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap penjualan. Namun, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara credibility, informativeness, dan interactivity terhadap penjualan. Tingkat kepercayaan pelanggan, ketepatan informasi, dan interaksi dua arah antara Kedai Sushi Imaji dan konsumen mempengaruhi peningkatan penjualan. Penelitian ini juga menghasilkan nilai R-square sebesar 86,4% untuk variabel endogen penjualan, menunjukkan bahwa variabel eksogen digital marketing secara signifikan mempengaruhi penjualan pada Kedai Sushi Imaji. Kata kunci: digital marketing, penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 17 Jan 2024 14:50
Last Modified: 17 Jan 2024 14:50
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7248

Actions (login required)

View Item View Item