Faktor – faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan QRIS Sebagai Alat Tranksaksi Digital.

Fadli, Farhan Rahmaidil and Adrian, Ferdisar and Suganda, Erik Irawan (2023) Faktor – faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan QRIS Sebagai Alat Tranksaksi Digital. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
skripsi farhan rahmaidil fadli..pdf

Download (3MB)

Abstract

FARHAN RAHMAIDIL FADLI. 021119059. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan QRIS Sebagai Alat Tranksaksi Digital. Di bawah bimbingan : FERDISAR ADRIAN dan ERIK IRAWAN SUGANDA. 2023 Pada saat sekarang ini teknologi berkembang begitu pesat sehingga untuk memperoleh informasi terbaru dan terlengkap tidaklah sulit. Terbukti dengan adanya internet mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan pada manusia untuk memperoleh informasi, berkomunikasi, serta berbelanja secara cepat dimanapun dan kapanpun. Budaya cashless adalah trend dimana masyarakat lebih memilih untuk melakukan transaksi tanpa uang tunai dan menggunakan teknologi pembayaran digital seperti kartu kredit, e-wallet, atau aplikasi pembayaran mobile. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan responden para penduduk yang berdomisili di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat dengan rentang usia 15 – 44 tahun yang memiliki smartphone dan menggunakan QRIS. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 150 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa indikator pengetahuan dan sikap merupakan indikator paling dominan bagi konsumen dalam mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan QRIS sebagai alat transaksi digital dengan nilai rata – rata sebesar 657. Berdasarkan hasil uji tabulasi silang dengan uji chi-square pada faktor budaya, faktor sosial, faktor personal, dan faktor psikiologis dan hasil faktor paling dominan bagi konsumen dalam mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan QRIS sebagai alat transaksi, yaitu faktor sosial x faktor personal yang memiliki nilai uji chi-square sebesar 186,078. Kata kunci : Perilaku Konsumen, QRIS, Tranksaksi Digital

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 17 Jan 2024 14:52
Last Modified: 17 Jan 2024 14:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7259

Actions (login required)

View Item View Item