Analisis peningkatan Pemahaman Siswa Sekolah Menengah terkait ilmu akuntansi dengan model pembelajaran giving queation and getting answerpada sekolah indonesia kuala lumpur

Yaohan, Agung Prasta and Sasongko, Hendro and Widyowati, Mutiara Puspa (2023) Analisis peningkatan Pemahaman Siswa Sekolah Menengah terkait ilmu akuntansi dengan model pembelajaran giving queation and getting answerpada sekolah indonesia kuala lumpur. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
022119179_Agung Prasta Yaohan_Skripsi (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Analisis peningkatan MUTIARA PUSPA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pemahaman siswa terkait ilmu akuntansi sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran Giving Questions and Getting Latar belakang penelitian ini adalah pemahaman siswa terhadap materi akuntansi yang rendah, disebabkan oleh konsentrasi yang tinggi yang diperlukan, kurangnya pengalaman praktis, dan metode belajar yang kurang efektif. Model pembelajaran Giving Questions and Getting Answers dipilih karena mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis, serta memberikan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran melalui interaksi dalam bentuk pertanyaan dan jawaban. Penelitian ini menggunakan metode uji validitas, reabilitas, dan uji Wilcoxon Signed Rank untuk menganalisis data. Sampel penelitian melibatkan seluruh populasi siswa jurusan IPS kelas 10, 11, dan 12 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, dengan jumlah total 34 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuisioner sebelum dan sesudah pembelajaran memiliki validitas yang baik, serta tingkat reliabilitas yang tinggi berdasarkan uji Alpha. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa sebelum dan sesudah pembelajaran, baik pada hari pertama maupun hari kedua. Analisis deskriptif menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pemahaman siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model Giving Questions and Getting Answers, dengan tingkat pemahaman siswa yang cukup seragam. Analisis deskriptif juga dilakukan untuk melihat perubahan rata-rata pemahaman siswa sebelum dan setelah pembelajaran. Hasilnya menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pemahaman siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Giving Questions and Getting Answers memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa terkait ilmu akuntansi di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Untuk menerapkan model pembelajaran Giving Questions and Getting Answers di sekolah, disarankan untuk mempersiapkan guru dengan pelatihan dan bahan yang dibutuhkan, memperbaiki faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas model Giving Questions and Getting Answers, serta menjalin kolaborasi dengan universitas dan institusi penelitian guna mengembangkan model pembelajaran inovatif dan efektif untuk diterapkan di sekolah. Namun, penelitian ini memiliki beberapa batasan. Pertama, ukuran sampel yang terbatas membatasi generalisasi temuan ini ke populasi siswa secara umum. Kedua, penelitian dilakukan di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, sehingga hasilnya mungkin tidak dapat diterapkan secara langsung ke konteks pendidikan yang berbeda. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan melibatkan sampel yang lebih besar dan melibatkan berbagai konteks pendidikan untuk memperkuat hasil temuan ini. Kata kunci: pemahaman siswa, ilmu akuntansi, model pembelajaran Giving Questions and Getting Answer, uji validitas, uji reabilitas, uji Wilcoxon, analisis deskriptif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 17 Jan 2024 14:53
Last Modified: 17 Jan 2024 14:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7287

Actions (login required)

View Item View Item