Representasi Laki-laki Feminin dalam Iklan Pantene Miracles Hair Supplement Versi Keanu Angelo (Analisis Semiotika Charles S. Peirce)

Aryani, Meylisa and Permana, Restiawan and Amaliasari, Diana and Duryatmo, Sardi (2023) Representasi Laki-laki Feminin dalam Iklan Pantene Miracles Hair Supplement Versi Keanu Angelo (Analisis Semiotika Charles S. Peirce). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya.

[img] Text
meylisa aryani - 044119218.pdf

Download (903kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa dan deskripsi dari makna, tanda, dan representasi feminin dalam iklan Pantene Miracles Hair Supplement. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Bogor, Jawa Barat. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan tersebut ditemukan adegan yang merepresentasikan feminin sebanyak tujuh kali, peneliti mendapatkan hasil makna tanda yang diperankan oleh Keanu adalah sosok laki-laki yang memiliki sifat feminin. Dapat dilihat dari bahasa tubuh dan mimik wajah yang divisualisasikan oleh seorang Keanu. Dengan seorang Keanu yang memiliki sifat feminin, justru menjadikan pribadi Keanu semakin menarik dan dapat mencakup target laki-laki dan perempuan. Hal ini juga dianggap tidak biasa oleh masyarakat, sehingga menarik banyak atensi, juga memengaruhi tingkat penjualan produk tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Penyiaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 17 Jan 2024 14:55
Last Modified: 17 Jan 2024 14:55
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7321

Actions (login required)

View Item View Item