Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Swalayan Ada Bogor.

Anggara, Reza Septian and Irawan, Towaf Totok and Salmah, Salmah (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Swalayan Ada Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2023 Reza Septian Anggara 021118016.pdf

Download (3MB)

Abstract

REZA SEPTIAN ANGGARA. 021118016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Swalayan Ada Bogor. Dibawah bimbingan: TOWAF TOTOK IRAWAN dan SALMAH. 2023. Kepuasan pelanggan yang tinggi ditimbulkan oleh kualitas pelayanan yang maksimal dan jika kualitas pelayanan yang diberikan buruk maka harapan konsumen tidak akan pernah tercapai dengan begitu pelanggan akan hilang satu demi satu, hal ini berarti perusahaan tersebut akan bangkrut. Dengan demikian hanya perusahaan-perusahaan yang mampu memberikan kepuasan konsumen yang tinggi sajalah yang akan mampu bersaing dan bertahan untuk hidup dan selanjutnya berkembang demi kelangsungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan di Swalayan Ada Cabang Bogor, untuk mengetahui kepuasan konsumen di Swalayan Ada Cabang Bogor, untuk mengetahui kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada di Swalayan Ada Cabang Bogor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Sampel penelitian ini sebanyak 94 pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas pelayanan, total skor rata-rata dari lima indikator adalah 80% sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pada kategori sangat baik, variabel kepuasan konsumen, total skor rata-rata dari empat indikator tersebut adalah 79% sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen pada kategori sangat puas, Terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Swalayan Ada. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sig untuk pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan konsumen (Y) adalah 0,000 < 0,05, dan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 17,722 > 1,986. Nilai koefisien determinasi sebesar 77,3%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel bebas yaitu kualitas pelayanan sebesar 77,3%, sedangkan sisanya sebesar 22,7% (100%-77,3%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak peneliti teliti. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 17 Jan 2024 15:00
Last Modified: 17 Jan 2024 15:00
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7327

Actions (login required)

View Item View Item