Analisis Sistem Antrian Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Pada UMKM Kopi Enigma Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi”

Arahman, Syifa Devita Indira and Rully, Tutus and Armadi, Dion Achmad (2023) Analisis Sistem Antrian Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Pada UMKM Kopi Enigma Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi”. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2023 Syifa Devita Indira Arahman 021118207.pdf

Download (1MB)

Abstract

SYIFA DEVITA INDIRA ARAHMAN 021118207, Manajemen S1, Manajemen Operasi “Analisis Sistem Antrian Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Pada UMKM Kopi Enigma Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi” dibawah bimbingan Tutus Rully dan Dion Achmad Armadi, 2023. Negara Indonesia merupakan negara yang tidak diragukan lagi karena negara Indonesia memiliki berbagai jenis kopi berkualitas dan terkenal dengan kelezatan kopinya, dan minum kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup modern, bukan sekedar meminumnya, melainkan bagaimana dan dimana meminum kopi sudah menjadi budaya tersendiri. Konsep kedai kopi yang unik merupakan ciri bagi pemilik kedai kopi guna untuk mengoptimalisasi pelayanan dan efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis sistem antrian dalam upaya meningkatkan efisiensi pelayanan pada UMKM Kopi Enigma Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian eksploratif dengan memanfaatkan data sekunder dan data primer menjadi basis untuk melakukan analisis dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis kuantitatif (sistem antrian) dengan model Multi Channel Single Phase, perhitungan biaya antrian (Trade Off), dan tingkat efisiensi pelayanan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil perhitungan perbandingan real kondisi, penambahan satu unit dan penambahan dua unit. Menunjukan untuk hari senggang (Hari Kamis) dengan menerapkan penambahan satu unit menjadi 2 kasir dan 4 barista sangatlah baik karena dari segi waktu menunggu pelanggan yang menurun dan total cost yang paling minimum. Sedangkan untuk hari teramai (Hari Minggu) dengan menerapkan penambahan satu unit menjadi 2 kasir dan 4 barista sangatlah baik karena dari segi waktu menunggu pelanggan yang menurun dan total cost yang paling minimum. Kata Kunci: Sistem antrian, Multi Chanel Single Phase, Trade Off, Tingkat Efisiensi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 17 Jan 2024 15:01
Last Modified: 17 Jan 2024 15:01
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7328

Actions (login required)

View Item View Item