Pengaruh Pengetahuan Peraturan Pajak, Tarif Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna ECommerce (Studi Penelitian Pada Pelaku Bisnis E-Commerce di Kota Bogor).

Ningrum, Vincentia Silvia and Hardiyanto, Arief Tri and Octavianty, Ellyn (2023) Pengaruh Pengetahuan Peraturan Pajak, Tarif Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna ECommerce (Studi Penelitian Pada Pelaku Bisnis E-Commerce di Kota Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Vincentia 2023_revisi sidang.pdf

Download (1MB)

Abstract

VINCENTIA SILVIA NINGRUM. 022116044. Pengaruh Pengetahuan Peraturan Pajak, Tarif Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna ECommerce (Studi Penelitian Pada Pelaku Bisnis E-Commerce di Kota Bogor). Di bawah bimbingan : ARIEF TRI HARIYANTO dan ELLYN OCTAVIANTY. 2023. Banyaknya pengguna internet di Indonesia memunculkan potensi pasar ekonomi dalam kegiatan bisnis baru melalui media internet. Kegiatan jual beli melalui media internet tidak terlepas dari pengenaan pajak, khususnya pengenaan pajak penghasilan kepada pihak penjual. Kepatuhan pajak adalah kesadaran dalam memenuhi kewajiban perpajakan dengan taat sesuai dengan peraturan yang berlaku dan dilaksanakan secara benar dan tepat waktu. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepatuhan pajak diantaranya pengetahuan peraturan pajak, tarif pajak, dan kesadaran wajib pajak. Wajib pajak yang mengetahui serta paham mengenai peraturan pajak dan tarif yang berlaku dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak dalam membayar kewajiban perpajakannya sehingga kepatuhan pajak juga ikut meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh pengetahuan peraturan pajak, tarif pajak, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku bisnis e-commerce di Kota Bogor. Jenis penelitian ini adalah verifikatif. Objek penelitian ini adalah pengetahuan peraturan pajak, tarif pajak, kesadaran wajib pajak, dan kepatuhan wajib pajak pengguna ecommerce. Sumber data primer berupa jawaban responden terhadap kuesioner dan sekunder berupa penentuan populasi melalui situs sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Unit analisis yang digunakan adalah individu yaitu wajib pajak pelaku bisnis e-commerce di Kota Bogor. Metode penarikan sampel menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 29. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan peraturan pajak tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak pengguna ecommerce, kemudian tarif pajak dan kesadaran wajib pajak secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak pengguna e-commerce. Hasil pengujian secara simultan yaitu pengetahuan peraturan pajak, tarif pajak, dan kesadaran wajib pajak secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak e-commerce. Kata kunci: Pengetahuan Peraturan Pajak, Tarif Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Perpajakan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 17 Jan 2024 15:01
Last Modified: 17 Jan 2024 15:01
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7335

Actions (login required)

View Item View Item