Pengaruh Investment Opportunity Set, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2021.

Agustina, Agnes and Situmorang, Monang and Alipudin, Asep (2023) Pengaruh Investment Opportunity Set, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi BAB 1 sd 5_Agnes Agustina_022119127.pdf

Download (1MB)

Abstract

AGNES AGUSTINA. 022119127. Pengaruh Investment Opportunity Set, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2021. Di bawah bimbingan: MONANG SITUMORANG dan ASEP ALIPUDIN. 2023. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang terkait erat dengan harga sahamnya. Hal ini lantas menjadi ukuran keberhasilan suatu manajemen perusahaan dalam kemampuannya mensejahterakan para pemegang sahamnya. Nilai perusahaan merupakan suatu hal yang penting bagi investor karena dapat menunjukkan kinerja perusahaan, yang nantinya akan memengaruhi penilaian investor pada perusahaan. Terdapat faktor–faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan diantaranya investment opportunity set, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Tujuan dari penelitian untuk menguji pengaruh investment opportunity set, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan sampel sebanyak 21 perusahaan dari populasi 80 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey. Data diuji dengan menggunakan SPSS versi 23, metode statistik uji analisis deskriptif meliputi nilai minimum, maksimum, mean, standar deviasi, dan jumlah data penelitian, uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, uji hipotesis yaitu regresi linear berganda serta uji koefisien uji t, uji F dan R square. Pengujian secara parsial dengan uji t mendapatkan hasil investment opportunity set berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian secara simultan atau uji F yaitu investment opportunity set, profitabilitas dan ukuran perusahaan secara bersama–sama berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: investment opportunity set, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:40
Last Modified: 23 Feb 2024 03:41
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7417

Actions (login required)

View Item View Item