KAJIAN STRATEGI PROMOTION MIX TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN

Prasetyo, Bayu and Andria, Fredi and Salmah, Salmah (2022) KAJIAN STRATEGI PROMOTION MIX TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
sKRIPSI bAYU.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu kebutuhan manusia modern. Perkembangan teknologi dan informasi memberikan kemudahan bagi semua kalangan untuk bisa mencari dan menikmati berbagai tempat yang akan dikunjungi. Indonesia merupakan negara kepulauan yang indah dan kaya akan kebudayaan, yang terdiri dari berbagai suku, agama, budaya, ras dan sejarah yang ada di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui untuk menganalisis sejauh mana strategi promotion mix Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menggunakan analisis statisitk deskriptif serta memberikan rekomendasi strategi agar meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan bertujuan Maksud dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana strategi promotion mix Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menggunakan analisis statisitk deskriptif serta memberikan rekomendasi strategi agar meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Jenis penelitan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode uji validitas, uji reliabilitas, dan Analisa Statistik Deskriptif. Maka berdasarkan uraian ini sebaiknya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mulai memperhatikan dan meningkatkan kegiatan strategi Personal Selling dan Public Relation. Karena Variabel Personal Selling dan Public Relation merupakan salah satu faktor utama untuk menarik pengunjung. Sedangkan berdasarkan tabel 4.16 dari 100 responden yang disurvei dari 13 atribut yang diukur dihasilkan bahwa atribut kegiatan promosi melalui media sosial memiliki tebesar yaitu 81%. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan di bab 4, dapat disimpulkan bahwa variabel Public relation mendapatkan respon yang kurang baik dari responden pada penelitian ini, yaitu sebesar 69%. Sedangkan pada variabel sales promotion mendaptakan skor 75% dan Direct marketing mendapatkan respon yang paling baik yaitu sebesar 77%. Alteratif strategi promotion mix pada variabel advertising sebaiknya Taman Nasional Gunung Gede Pangrago melakukan kegiatan advertising melalui media cetak, televisi, dan iklan outdoor. Personal selling yang dilakukan oleh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango lebih baik memaksimalkan kegiatan personal selling melalui media sosial saja. public relation Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menjalankan program terencana dan berkesinambungan sebagai bagian dari manajemen organisasi yang bertujuan meningkatkan jumlah kunjungan. Direct marketing Taman Nasional Gunung Gede Pangrango perlu memlakukan kegiatan Direct marketing seperti email, media sosial, dan panggilan telepon. Kata Kunci: Kajian Strategi Promotion Mix

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:41
Last Modified: 23 Feb 2024 03:41
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7418

Actions (login required)

View Item View Item