Kajian Beauty Influencer Tiktok Untuk Perolehan Pendapatan Pribadi

Marsela, Marsela and Andria, Fredi and Prasetyo, Bayu Dwi (2023) Kajian Beauty Influencer Tiktok Untuk Perolehan Pendapatan Pribadi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI MARSELA LULUS.pdf

Download (2MB)

Abstract

MARSELA. 021118079. Kajian Beauty Influencer Tiktok Untuk Perolehan Pendapatan Pribadi di bawah bimbingan: Fredi Andria dan Bayu Dwi Prasetyo 2022. Kemajuan teknologi memiliki sisi positif yaitu memberikan kemudahan untuk mencari informasi lewat akses internet misalnya mengakses sosial media, dan sisi negatifnya dapat menyebabkan dampak buruk seperti menyebarkan berita palsu atau penyalahgunaan media sosial dengan sesuatu yang kurang baik. Tiktok baru saja memulai monetisasi dan baru dimanfaatkan oleh influencer Tiktok yang dapat menghasilkan pendapatan yang banyak dengan beberapa cara yaitu konten bersponsor, tautan afiliasi, menjual produk asli, mempromosikan lagu dan penayangan video. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang kekuatan seorang influencer dalam mempromosikan sebuah brand di aplikasi tiktok yang dapat menghasilkan uang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif data primer dengan jenis penelitian Deskriptif Eksploratori. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode Non probability sampling, yaitu teknik sampling kuota untuk menentukan sampel dari populasi hingga jumlah yang diinginkan dalam populasi penelitian ini tidak diketahui secara pasti oleh sebab itu perhitungan sampel menggunakan rumus cochran. Penelitian ini menggunakan alat uji SPSS Versi 26 untuk uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa personal branding sebagai beauty influencer memiliki skor nilai tertinggi dan sudah berjalan dengan baik dengan rata-rata peresentase sebesar 86,5% dan variabel pendapatan pribadi dengan nilai rata-rata 76%. Hal ini membuktikan bahwa setiap indikator sangat berpengaruh dan saling menguntungkan satu sama lain. Dengan pengujian uji validitas dan reliabilitas data dinyatakan valid. Menjadi influencer memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang hal ini menjadikan mereka harus bersaing dalam membuat konten yang kreatif dan unik sehingga mampu meningkatkan ketertarikan brand untuk berkerja sama dalam meningkatkan pendapatan pribadi. Kata Kunci : Aplikasi tiktok, Influencer, Pendapatan pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:49
Last Modified: 23 Feb 2024 03:49
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7420

Actions (login required)

View Item View Item