Pengaruh Customer Experience Dalam Penerapan Artificial Intelligence Terhadap Loyalitas Pelanggan Marketplace Shopee (Studi Kasus Generasi Muda Kabupaten Bogor). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen Pemasaran, Universitas Pakuan Bogor.

Prastowo, Woro Budi and Hartini, Sri and Andrianto, Nizam (2023) Pengaruh Customer Experience Dalam Penerapan Artificial Intelligence Terhadap Loyalitas Pelanggan Marketplace Shopee (Studi Kasus Generasi Muda Kabupaten Bogor). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen Pemasaran, Universitas Pakuan Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi_Woro Budi Prastowo.pdf

Download (1MB)

Abstract

WORO BUDI PRASTOWO. 021119112. 2022. Pengaruh Customer Experience Dalam Penerapan Artificial Intelligence Terhadap Loyalitas Pelanggan Marketplace Shopee (Studi Kasus Generasi Muda Kabupaten Bogor). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen Pemasaran, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Sri Hartini dan Nizam M. Andrianto pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dihasilkan dari customer experience dalam penerapan artificial intelligence pada Shopee terhadap loyalitas pelanggan generasi muda Kabupaten Bogor. Dalam penelitian ini digunakan variabel bebasnya adalah customer experience dan variabel terikatnya adalah loyalitas pelanggan. Untuk mengukur variabel customer experience, digunakan indikator accessibility, competence, customer recognition, helpfulness, personalization, problem solving, promise fulfillment, dan value for time. Untuk variabel loyalitas pelanggan diukur dengan menggunakan indikator kebiasaan transaksi, pembelian ulang, rekomendasi dan komitmen. Penelitian dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bogor pada bulan April sampai Mei 2023. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan survey eksplanatif karena meneliti tentang suatu pengaruh Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dari jumlah 968.647 orang di Kabupaten Bogor yang berusia 15 sampai 34 tahun dimana pengambilan sampel ini secara acak dan yang ditemui sesuai dengan kriteria sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling yaitu Sampling Insidental. Pada penelitian ini menggunakan analisis data berupa analisis regresi sederhana. Hasil kuesioner dari setiap indikator customer experience dan loyalitas pelanggan dirangkum dalam 23 pernyataan yang mewakili indikator masing-masing. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa customer experience memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Namun hasil dari Koefisien Determinasi menyatakan customer experience pada penerapan artificial intelligence terhadap loyalitas pelanggan generasi muda di Kabupaten Bogor kurang berpengaruh Kata Kunci: customer experience, artificial intelligence, loyalitas pelanggan, generasi muda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:10
Last Modified: 23 Feb 2024 04:10
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7436

Actions (login required)

View Item View Item