Upaya Dinas Koperasi dan UMKM dalam Pengembangan UMKM di Kabupaten Bogor.

Fauzi, Muhammad Nur and Andria, Fredi and Andrianto, Nizam (2023) Upaya Dinas Koperasi dan UMKM dalam Pengembangan UMKM di Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
021119196_Muhammad Nur Fauzi_Skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Nur Fauzi. 021119196. Upaya Dinas Koperasi dan UMKM dalam Pengembangan UMKM di Kabupaten Bogor. Di bawah bimbingan : FREDI ANDRIA dan NIZAM M ANDRIANTO. 2023. Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat pertumbuhan UMKM yang cukup tinggi. Jumlah UMKM yang cukup tinggi membuat UMKM Kabupaten Bogor mempunyai potensi yang kuat untuk berkembang namun masih ada beberapa kendala yang mereka alami seperti masalah kurang memahami pengolahan produksi dengan baik, kurang lengkapnya legalitas usaha serta kesulitan dalam melakukan pemasaran produk. Berdasarkan hal tersebut, dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor harus mengatasi setiap kendala- kendala yang dialami para pelaku UMKM tersebut sebagai upaya dalam melakukan pengembangan terhadap UMKM di Kabupaten Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis upaya Dinas Koperasi dan UMKM dalam membantu kelengkapan perizinan, pengolahan produk serta pemasaran produk para pelaku UMKM (2) Untuk menganalisis evaluasi Dinas Koperasi dan UMKM mengenai masalah penyampaian informasi dan kuota peserta pelatihan (3) Untuk menganalisis prioritas alternatif strategi Dinas Koperasi dan UMKM dalam pengembangan UMKM di Kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, metode penarikan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik judgement sampling, analisis data menggunakan matriks SWOT dan Analytical Hierarchy Process dengan bantuan Software Expert Choice 11. Hasil penelitian menggunakan AHP untuk mengetahui alternatif strategi yang dihasilkan dari matriks SWOT menunjukkan bahwa prioritas alternatif strategi tertinggi adalah strategi (SO), dalam strategi SO menekankan pada empat atribut utama yaitu: (1) Memanfaatkan antusiasme pelaku usaha serta sarana dan prasarana yang tersedia untuk menyelenggarakan program pelatihan bagi para pelaku UMKM (2) Memberikan akses kepada UMKM untuk bisa mengikuti berbagai program dan bantuan dari pemerintah maupun kementerian (3) Mengikuti event-event pemasaran dan memanfaatkan teknologi modern guna meningkatkan kualitas produksi dan pemasaran melalui media digital untuk para pelaku UMKM (4) Mempererat hubungan kerjasama dengan instansi lain guna meningkatkan kualitas UMKM Kabupaten Bogor dari aspek legalitas dan sistem pemasarannya Kata Kunci: Strategi Pengembangan, SWOT, AHP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:12
Last Modified: 23 Feb 2024 04:12
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7442

Actions (login required)

View Item View Item