Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Sentul Highland Golf Club Kota Bogor.

Merlinda, Merlinda and Zaini, Oktori Kiswati and Irawan, Arie Wibowo (2023) Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Sentul Highland Golf Club Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi_Merlinda.pdf

Download (1MB)

Abstract

MERLINDA. 021117183. Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Sentul Highland Golf Club Kota Bogor. Dibawah bimbingan OKTORI KISWATI ZAINI, dan ARIE WIBOWO. Kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting bagi setiap perusahaan jasa. Pelanggan yang puas akan setia lebih lama dan memberikan komentar yang baik terhadap perusahaan tersebut. Hal yang menjadi faktor utama kepuasan adalah kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan memberikan suatu dorongan kepada pelanggan, untuk menjalin ikatan yang kuat dengan perusahaan. Ikatan seperti ini dalam jangka panjang memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan pelanggan serta kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan Sentul Highlands Golf Club, untuk menganalisis kepuasan pelanggan Sentul Highlands Golf Club, untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Sentul Highlands Golf Club. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer berupa kuesioner. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan Sentul Highlands Golf Club termasuk dalam kategori sangat baik. Indikator pada variabel kualitas pelayanan, total skor rata-rata dari 5 indikator tersebut adalah indikator tangible pada pernyataan Lingkungan Sentul Highlands Golf Club bersih sebesar 86%. Sedangkan indikator terendah pada indikator Reliability, Responsiveness dan assurance sebesar 81%, kepuasan Pelanggan Sentul Highlands Golf Club termasuk dalam kategori sangat puas. Total skor rata-rata variabel kepuasan pelanggan dari 2 indikator sebesar 81%. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan tergolong sangat tinggi. Pernyataan tertinggi sebesar 83% pada pernyataan pendaftaran via tour and travel. Sedangkan pernyataan terendah pada pernyataan totalitas fasilitas dan pelayanan selalu diutamakan dan pernyataan pelayanan yang diberikan Pramugolf sesuai dengan harapan sebesar 79%. kualitas pelayanan Sentul Highlands Golf Club termasuk dalam kategori sangat baik. Kondisi tersebut menggambarkan bahwa secara umum kualitas pelayanan yang diberikan Sentul Highland Golf Club Kota Bogor sudah sangat baik di mata pelanggan. Kepuasan Pelanggan Sentul Highlands Golf Club termasuk dalam kategori sangat puas. Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat pelayanan yang diharapkan, sehingga produk yang paling memuaskan preferensi seseorang merupakan produk yang berkualitas paling tinggi. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:26
Last Modified: 07 Mar 2024 03:26
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7471

Actions (login required)

View Item View Item