Bagus Pratama, Harry and Harsani, Prihastuti and Prajuhana Putra, Agung (2024) Virtual Reality Fakultas FMIPA Universitas PAKUAN. Dibawah bimbingan Dr Prihastuti Harsani, M.Si dan Agung Prajuhana Putra, M.Kom Lingkungan kampus mencakup hubungan antara kampus dan masyarakat sekitarnya, termasuk dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dimiliki oleh institusi pendidikan tinggi tersebut. Secara keseluruhan, lingkungan kampus adalah ruang tempat mahasiswa belajar, berkembang, dan berinteraksi, serta menciptakan pengalaman yang memengaruhi pertumbuhan pribadi dan akademik mereka. Dalam memperkenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru, sangat penting untuk memastikan bahwa mereka dapat mengenalinya sebelum benar-benar memasuki area kampus. Namun, hal ini menjadi tidak efisien terutama bagi mahasiswa yang tinggal jauh karena mereka memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengunjungi kampus Universitas Pakuan. Oleh karena itu, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan dapat membantu mempersingkat proses pengenalan lingkungan kampus dengan cepat dan mudah. Dengan kehadiran teknologi Virtual Reality ini, pengetahuan mahasiswa dapat ditingkatkan serta memperkenalkan pengalaman Virtual Reality dari Universitas Pakuan kepada calon mahasiswa baru. Ini sangat berguna karena seringkali calon mahasiswa baru masih bingung ketika mereka pertama kali berada di lingkungan kampus. Dengan menggunakan Virtual Reality, pemahaman mengenai lokasi jalan dan posisi setiap ruangan serta bangunan di Universitas Pakuan, khususnya gedung MIPA 1 dan MIPA 2, dapat ditingkatkan. Adapun hasil penilaian dari 50 responden terhadap Virtual Reality Fakultas MIPA Universitas Pakuan dengan 30 pertanyaan menunjukkan bahwa secara keseluruhan mencapai 85,54%, dan kategori yang diperoleh adalah "SANGAT LAYAK”, dan Penilaian dari dua ahli multimedia, yaitu Muhammad Iqbaludin dan Wendys Dwi Aprilian, terhadap Virtual Reality dengan menggunakan 15 pertanyaan, menunjukkan nilai sebesar 95,41% dan termasuk dalam kategori "SANGAT LAYAK”. Kata kunci : Virtual Reality Universitas Pakuan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Laporan Skripsi_Harry Bagus Pratama.pdf Download (4MB) |
Abstract
Virtual Reality Fakultas FMIPA Universitas PAKUAN. Dibawah bimbingan Dr Prihastuti Harsani, M.Si dan Agung Prajuhana Putra, M.Kom Lingkungan kampus mencakup hubungan antara kampus dan masyarakat sekitarnya, termasuk dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dimiliki oleh institusi pendidikan tinggi tersebut. Secara keseluruhan, lingkungan kampus adalah ruang tempat mahasiswa belajar, berkembang, dan berinteraksi, serta menciptakan pengalaman yang memengaruhi pertumbuhan pribadi dan akademik mereka. Dalam memperkenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru, sangat penting untuk memastikan bahwa mereka dapat mengenalinya sebelum benar-benar memasuki area kampus. Namun, hal ini menjadi tidak efisien terutama bagi mahasiswa yang tinggal jauh karena mereka memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengunjungi kampus Universitas Pakuan. Oleh karena itu, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan dapat membantu mempersingkat proses pengenalan lingkungan kampus dengan cepat dan mudah. Dengan kehadiran teknologi Virtual Reality ini, pengetahuan mahasiswa dapat ditingkatkan serta memperkenalkan pengalaman Virtual Reality dari Universitas Pakuan kepada calon mahasiswa baru. Ini sangat berguna karena seringkali calon mahasiswa baru masih bingung ketika mereka pertama kali berada di lingkungan kampus. Dengan menggunakan Virtual Reality, pemahaman mengenai lokasi jalan dan posisi setiap ruangan serta bangunan di Universitas Pakuan, khususnya gedung MIPA 1 dan MIPA 2, dapat ditingkatkan. Adapun hasil penilaian dari 50 responden terhadap Virtual Reality Fakultas MIPA Universitas Pakuan dengan 30 pertanyaan menunjukkan bahwa secara keseluruhan mencapai 85,54%, dan kategori yang diperoleh adalah "SANGAT LAYAK”, dan Penilaian dari dua ahli multimedia, yaitu Muhammad Iqbaludin dan Wendys Dwi Aprilian, terhadap Virtual Reality dengan menggunakan 15 pertanyaan, menunjukkan nilai sebesar 95,41% dan termasuk dalam kategori "SANGAT LAYAK”. Kata kunci : Virtual Reality Universitas Pakuan Dibawah bimbingan Dr Prihastuti Harsani, M.Si dan Agung Prajuhana Putra, M.Kom Lingkungan kampus mencakup hubungan antara kampus dan masyarakat sekitarnya, termasuk dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dimiliki oleh institusi pendidikan tinggi tersebut. Secara keseluruhan, lingkungan kampus adalah ruang tempat mahasiswa belajar, berkembang, dan berinteraksi, serta menciptakan pengalaman yang memengaruhi pertumbuhan pribadi dan akademik mereka. Dalam memperkenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru, sangat penting untuk memastikan bahwa mereka dapat mengenalinya sebelum benar-benar memasuki area kampus. Namun, hal ini menjadi tidak efisien terutama bagi mahasiswa yang tinggal jauh karena mereka memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengunjungi kampus Universitas Pakuan. Oleh karena itu, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan dapat membantu mempersingkat proses pengenalan lingkungan kampus dengan cepat dan mudah. Dengan kehadiran teknologi Virtual Reality ini, pengetahuan mahasiswa dapat ditingkatkan serta memperkenalkan pengalaman Virtual Reality dari Universitas Pakuan kepada calon mahasiswa baru. Ini sangat berguna karena seringkali calon mahasiswa baru masih bingung ketika mereka pertama kali berada di lingkungan kampus. Dengan menggunakan Virtual Reality, pemahaman mengenai lokasi jalan dan posisi setiap ruangan serta bangunan di Universitas Pakuan, khususnya gedung MIPA 1 dan MIPA 2, dapat ditingkatkan. Adapun hasil penilaian dari 50 responden terhadap Virtual Reality Fakultas MIPA Universitas Pakuan dengan 30 pertanyaan menunjukkan bahwa secara keseluruhan mencapai 85,54%, dan kategori yang diperoleh adalah "SANGAT LAYAK”, dan Penilaian dari dua ahli multimedia, yaitu Muhammad Iqbaludin dan Wendys Dwi Aprilian, terhadap Virtual Reality dengan menggunakan 15 pertanyaan, menunjukkan nilai sebesar 95,41% dan termasuk dalam kategori "SANGAT LAYAK”. Kata kunci : Virtual Reality Universitas Pakuan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Ilmu Komputer |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK |
Date Deposited: | 17 May 2024 03:18 |
Last Modified: | 17 May 2024 03:18 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7641 |
Actions (login required)
View Item |