Analisis Usability Pada Aplikasi Indriver Menggunakan Heuristic Evaluation dan Redesign dengan Metode Goal Directed Design

Maulida, Firda and H., Herfina and Saepulrohman, Asep (2023) Analisis Usability Pada Aplikasi Indriver Menggunakan Heuristic Evaluation dan Redesign dengan Metode Goal Directed Design. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Analisis Usability Pada Aplikasi Indriver Menggunakan Heuristic Evaluation dan Redesign dengan Metode Goal Directed Design Firda Maulida1 , Herfina2 , Asep Saepulrohman3 (1,2,3)Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan, Bogor, Jawa Barat, 16143, Indonesia RINGKASAN Layanan transportasi online kini semakin banyak tersedia di Indonesia, tidak terbatas, dan dapat mencakup semua kelompok umur. Sebagai salah satu perusahaan jasa transportasi online yang baru, Indriver masih membutuhkan banyak konektivitas inovasi untuk menarik banyak orang. Survei Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menemukan 1.47% dari 4.671 penduduk Jabodetabek menggunakan aplikasi Indriver untuk memesan ojek online. Pada penggunaannya ditemukan komentar terkait tampilan aplikasi dan kemudahan penggunaannya dalam ulasan yang dipublikasikan di playstore. Penelitian ini bertujuan melakukan pengujian usability untuk mengukur kepuasan pengguna dan memberikan rekomendasi perbaikan desain berdasarkan hasil temuan masalah yang muncul. Metode yang digunakan adalah heuristic evaluation menggunakan 10 aspek penilaian yang disebarkan melalui kuesioner dengan skala likert sebagai skala pengukurannya untuk mendapatkan nilai severity rating. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan heuristic evaluation diperoleh nilai rata-rata severity rating sebesar 1.53 atau dibulatkan menjadi 2 yang artinya minor problem. Aspek dengan nilai severity rating tinggi kemudian dilakukan perbaikan desain berdasarkan rekomendasi yang diberikan menggunakan metode goal directed design yaitu pada aspek H1, H4, dan H8. Evaluasi akhir terhadap tampilan yang telah di perbaharui memperoleh nilai rata-rata sebesar 83% yang berarti rekomendasi berdasarkan aspek tersebut dapat diteruskan dengan perbaikan pengembangan aplikasi. Kata Kunci: Aplikasi Indriver, Usability, Heuristic Evaluation, Goal Directed Design

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK
Date Deposited: 17 May 2024 03:24
Last Modified: 17 May 2024 03:24
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7671

Actions (login required)

View Item View Item