Pengukuran Kinerja UPTD Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor Menggunakan Metode Balanced Scorecard Periode 2019-2022

Fitriyana Daniela, Annisaa and Octavianty, Ellyn and Ilmiyono, Agung Fajar (2024) Pengukuran Kinerja UPTD Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor Menggunakan Metode Balanced Scorecard Periode 2019-2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
022120061_Annisaa_Fitriyana_Daniela_Skripsiii Done FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

ANNISAA FITRIYANA DANIELA 022120061. Pengukuran Kinerja UPTD Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor Menggunakan Metode Balanced Scorecard Periode 2019-2022. di bawah bimbingan : ELLYN OCTAVIANTY dan AGUNG FAJAR ILMIYONO.2024. Pengukuran kinerja pada UPTD Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor selama ini masih menggukur kinerja berdasarkan dari standar pelayanan pemerintah, sehingga belum dapat menggambarkan sepenuhnya kinerja pada Puskesmas. Penggunaan metode Balanced Scorecard bertujuan untuk menggambarkan pergerakan dan perkembangan kinerja Puskesmas yang secara lebih menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja UPTD Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor dengan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan variabel yang digunakan adalah perspektif – perspektif yang ada di dalam metode Balanced Scorecard yaitu di antaranya perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan perkembangan. Adapun target dari responden pasien yang ikut berpatisipasi sejumlah 100 orang dan untuk responden pegawai yang ikut ber patisipasi adalah seluruh pegawai sejumlah 45 orang. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari perspektif keuangan kurang baik, perspektif pelanggan sangat baik, perspektif proses bisnis internal cukup baik serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran sangat baik. Namun, secara keseluruhan kategori kinerja dapat dikatakan “cukup baik”. hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa perspektif pelanggan serta pertumbuhan dan pembelajaran berperan atau dominan terhadap kinerja UPTD Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor. Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Puskesmas, Indikator, Perspektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi sektor publik
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 17 May 2024 03:31
Last Modified: 17 May 2024 03:31
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7737

Actions (login required)

View Item View Item