Pengaruh penetapan harga terhadap volume penjualan menggunakan variable costing pada UMKM Baso Aci Juara Tajur tahun 2020-2022

Adli, Fathul and Marota, Rochman and Herlisnawati, Dessy (2024) Pengaruh penetapan harga terhadap volume penjualan menggunakan variable costing pada UMKM Baso Aci Juara Tajur tahun 2020-2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
(SKRIPSI__FATHUL ADLI_.022119135).pdf

Download (1MB)

Abstract

Fathul Adli. 022119135. Pengaruh penetapan harga terhadap volume penjualan menggunakan variable costing pada UMKM Baso Aci Juara Tajur tahun 2020-2022. Di bawah bimbingan Dr. Rochman Marota, S.E., Ak., M.M., CA., CPA dan Dessy Herlisnawati, S.E., M.Si., CAP 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami proses penetapan harga pokok penjualan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Baso Aci Juara di Tajur Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data dari laporan penjualan, volume produksi, dan biaya variabel perusahaan. Fokus utama adalah untuk mengidentifikasi prosedur penetapan harga pokok penjualan dan menganalisis apakah penerapan metode variabel costing memiliki pengaruh terhadap volume penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode variabel costing memberikan dampak positif secara signifikan terhadap variabel keuangan perusahaan. Dalam konteks pelanggan, penggunaan metode ini dapat memberikan manfaat dengan menetapkan harga yang lebih akurat, sehingga pelanggan dapat merasakan keterjangkauan produk yang lebih baik. Selain itu, dari perspektif bisnis dan proses pelanggan, metode variabel costing dianggap sebagai alat efektif dalam merencanakan laba jangka pendek dan mengelola biaya produksi. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami praktik penetapan harga pokok penjualan di UMKM Baso Aci Juara Tajur Bogor, serta mengukur dampak positif penerapan metode variabel costing terhadap kinerja keuangan dan pengelolaan biaya. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan bagi UMKM serupa untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan dalam mengelola aspek keuangan perusahaan mereka. Kata kunci: variabel costing, penjualan, harga jual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:10
Last Modified: 03 Jul 2024 06:10
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7767

Actions (login required)

View Item View Item