IMPLEMENTASI NATURAL LANGUAGE PROCESSING UNTUK PEMBUATAN CHATBOT PADA WEBSITE

H., Hendrizal and Herfina, Herfina and Hidayatullah, Syarif (2024) IMPLEMENTASI NATURAL LANGUAGE PROCESSING UNTUK PEMBUATAN CHATBOT PADA WEBSITE. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi .pdf

Download (1MB)

Abstract

IMPLEMENTASI NATURAL LANGUAGE PROCESSING UNTUK PEMBUATAN CHATBOT PADA WEBSITE Hendrizal1 , Herfina2 , Syarif Hidayatullah3 email : hendri.zzzzz@gmail.com 1,2,3Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan Bogor ABSTRAK Chatbot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan antar manusia. Dengan menggunakan Natural Language Processing (NLP) yang merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan yang berfungsi sebagai jembatan antara manusia dan komputer dalam berkomunikasi dimana nantinya setiap pertanyaan yang diajukan pada chatbot akan diubah kedalam bentuk bilangan biner agar chatbot dapat memahami setiap pertanyaan yang ditanyakan. Pada penelitian kali ini menggunakan pendekatan NLP yang merupakan cabang dari kecerdasan buatan untuk interaksi antara komputer dengan manusia dengan judul “Implementasi Natural Language Processing Untuk Pembuatan Chatbot Pada Website”. Penelitian ini dibuat untuk membantu memaksimalkan kinarja CS untuk menjawab pertanyaan umum yang ditanyakan secara berulang oleh setiap calon reseller. Pada saat user memberikan pertanyaan, pertanyaan tersebut akan melalui processing data dan kemudian akan dicocokan dengan tag yang sesuai berdasarkan nilai terbesar dari setiap kata yang diinput pada chatbot, berikut adalah kode program untuk mendapatkan respon. Dari hasil training terdapat 13 tags, 58 paternt, dan 13 respon yang digunakan pada dataset, nilai akurasi kemudian diukur menggunakan paternt atau kalimat masukan pada data pengujuan. Data testing yang digunakan sebesar 30% dan data training 70%. Dan hasil pengujian chatbot memiliki nilai akurasi sebesar 91%, nilai recall sebesar 94%, nilai presisi sebesar 94% dan nilai f1 score sebesar 94% dengan jumlah data pengujian sebanyak 22 kalimat pertanyaan. Kata kunci : Natural Language Processing,Chatbo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:12
Last Modified: 03 Jul 2024 06:12
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7787

Actions (login required)

View Item View Item