Izdhihar Purnamasari, Nadhira and Sjofjan, Lindryani and Ardianto Iskandar, Eka (2022) Aspek Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Data Pribadi Seseorang Pada E-Commerce. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Image
Cover.jpg Download (149kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (332kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus bergerak cepat telah menimbulkan berbagai peluang dan tantangan. Di era sekarang ini tentunya kita sangat familiar dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berupa penyelenggaraan electronic commerce (e-commerce) dalam sektor perdagangan/bisnis, electronic education (e-education) dalam bidang pendidikan dan lainnya. Pemanfaatan teknologi informasi tersebut mengakibatkan data dan informasi pribadi seseorang sangat mudah untuk dikumpulkan dan dipindahkan dari satu pihak ke pihak lain tanpa sepengetahuan subjek data dan informasi pribadi, sehingga mengancam hak atas privasi seseorang. Kemajuan teknolgi tidak hanya memiliki sisi positif, tapi juga sisi negatifnya yaitu memungkinkan adanya penyalahgunaan data pribadi konsumen. Perusahaan e-commerce dalam menawarakan dan memasarkan barangnya bergantung kepada teknologi apa yang disebut sebagai ad-targeting. Ad-targeting adalah kegiatan yang dilakukan oleh kalangan industri dan bisnis untuk memasarkan sebuah produk barang dan jasa dengan cara menarget potential consumer. Dengan teknologi yang dipakai tersebut, terdapat potensi permasalahan pemanfaatan data pribadi para konsumen. Perlindungan data pribadi termasuk juga sebagai salah satu hak asasi manusia. Upaya terpenting dalam memberikan perlindungan konsumen adalah melalui peraturan perundang-undangan. Bagi konsumen adanya undang-undang perlindungan konsumen ini merupakan sandaran hukum untuk berpijak bila konsumen dirugikan, karena bila konsumen merasa dirugikan ia dapat menuntut pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui aspek hukum perlindungan konsumen terhadap data pribadi konsumen; 2) mengetahui permasalahan terhadap perlindungan konsumen terhadap data pribadi seseorang pada e- dalam melakukan commerce dan upaya penyelesaian sengketa konsumen transaksi e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif yaitu penelitian yang menekankan pada penggunaan norma-norma hukum secara tertulis. Pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yaitu wawancara. Dan pengolahan data secara kualitatif yaitu menggunakan kalimat-kalimat yang tersusun agar mudah dipahami. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat aspek hukum perlindungan konsumen terhadap data pribadi konsumen yaitu aspek hukum menurut hukum perdata dan aspek hukum menurut hukum ekonomi, permasalahan yang sering terjadi yaitu kebocoran data konsumen pada e-commerce dan upaya penyelesaiannya dengan menggunakan jalur litigasi dan jalur non litigasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Hukum > Hukum > Konsumen Fakultas Hukum > Hukum > Perlindungan Hukum Fakultas Hukum > Hukum > Perlindungan Data |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNPAK |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 06:13 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 06:13 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7796 |
Actions (login required)
View Item |