Fahmulhikam, Fikri and Siswajanthy, Farahdinny and Mahipal, Mahipal (2022) Wanprestasi Dalam Kontrak Preorder Melalui Layanan Internet. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Image
Cover.jpg Download (126kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (347kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (802kB) |
Abstract
Transaksi jual beli melalui media internet ini dengan sangat cepat menjadi sarana telekomunikasi bisnis yang sangat populer yang secara otomatis menimbulkan berbagai macam persoalan hukum yang tidak sesederhana yang dibayangkan. Persoalan-persoalan tersebut dapat berupa praktik pelaksanaan kontrak, wanprestasi, sampai dengan perbuatan melawan hukum yang menimbulkan kerugian bagi semua pihak. Berdasarkan uraian di atas permasalahan yang diangkat adalah mengenai bentuk perlindungan hukum dan upaya hukum dalam penyelesaian sengketa wanprestasi dalam transaksi jual beli melalui media internet (e-commerce) di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum bagi konsumen terhadap sengketa wanprestasi dalam transaksi jual beli melalui media internet (ecommerce) di Indonesia dan Untuk mengkaji bentuk upaya hukum dalam sengketa wanprestasi pada transaksi jual beli melalui media internet (ecommerce) di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode pendekatan yuridis normatif yang lebih ditekankan pada bahan hukum primer dan sekunder. Data-data dikumpulkan dengan metode pengumpulan data yang bersandar pada data sekunder, yaitu data yang diperoleh melalui studi atau penelitian kepustakaan (library research) berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku dikaitkan dengan teori-teori hukum yang relevan dan praktik pelaksanaan hukum positif yang menyangkut permasalahan dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis data normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan konsumen terhadap tindakan wanprestasi pelaku usaha dalam transaksi e-commerce, khususnya dalam hal pengaturan tentang perlindungan konsumen terhadap tindakan wanprestasi pelaku usaha dalam e-commerce masih perlu dibenahi lagi. Pada dasarnya, belum ada ketentuan yang mengatur secara khusus mengenai perlindungan konsumen terhadap tindakan wanprestasi pelaku usaha dalam transaksi e-commerce. Penulis menyarankan adanya saling melengkapi antar peraturan perundang- undangan, antara KUH Perdata, Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Pelaksanaannya, Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan peraturan pelaksanaannya, dalam mengatur mengenai perlindungan terhadap pihak-pihak dalam transaksi melalui media internet (e-commerce).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Hukum > Hukum > Wanprestasi |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNPAK |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 06:14 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 06:14 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7797 |
Actions (login required)
View Item |