Daya Tarik Wisata dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata di Desa Pancawati

Febriani, Silvi and Muharam, Hari and Andria, Fredi (2023) Daya Tarik Wisata dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata di Desa Pancawati. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI SILVI FEBRIANI .pdf

Download (1MB)

Abstract

SILVI FEBRIANI 021119147. Daya Tarik Wisata dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata di Desa Pancawati. Skripsi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: DR. H. HARI MUHARRAM, S.E., MM dan FREDI ANDRIA, STP, MM. 2023. Suatu objek wisata dapat dikatakan memiliki daya tarik wisata jika kriteria keunikan,keindahan, atau makna tertentu dimiliki oleh objek tersebut. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung dengan teori 4A yang akan diterapkan yaitu Atraksi, Aksesibilitas, Amenity, dan Ancillary. Keputusan untuk mengunjungi objek wisata adalah hal yang mendasar Hal ini erat kaitannya dengan perilaku konsumen. Cenderung mempengaruhi harga, lokasi, dan fasilitas saat mengunjungi keputusan Pengunjung menunjukkan bahwa pusat informasi wisata harus melakukan ini Pertimbangkan aspek perilaku konsumen, terutama proses pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan responden yang pernah melakukan kunjungan terhadap objek wisata di Desa Pancawati. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling dengan total 100 responden berdasarkan perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara dan metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya dua indikator dari daya tarik wisata yang mempunyai pengaruh bermakna secara parsial yaitu atraksi dan ancillary terhadap keputusan berkunjung wisatawan dalam mengunjungi obyek wisata di Desa Pancawati. Atraksi memiliki nilai t hitung sebesar 2,455 dan ancillary memiliki nilai t hitung sebesar 2,478, Hal ini menunjukkan bahwa atraksi dan ancillary pada daya tarik wisata di Desa Pancawati memberikan kenyaman serta terpenuhinya kebutuhan wisatawan saat berkujung. Kata kunci : Daya tarik wisata, keputusan berkunjung, atraksi, aksesibilitas, amenity, ancillary

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:19
Last Modified: 03 Jul 2024 06:19
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7874

Actions (login required)

View Item View Item