Efektivitas Iklan Shopee “5.5 Bagi-Bagi Cuan” pada Media Online YouTube (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan).

Surya Titania, Dinda and Zaini, Oktori Kiswati and Andrianto, Nizam (2023) Efektivitas Iklan Shopee “5.5 Bagi-Bagi Cuan” pada Media Online YouTube (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Revisi Sidang Skripsi - Dinda ST.pdf

Download (1MB)

Abstract

DINDA SURYA TITANIA. 021119074. Efektivitas Iklan Shopee “5.5 Bagi-Bagi Cuan” pada Media Online YouTube (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). Di bawah bimbingan: OKTORI KISWATI ZAINI dan NIZAM M. ANDRIANTO 2023. Pertumbuhan teknologi yang semakin canggih, menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk melakukan promosi melalui berbagai media online, karena melalui media online sebuah informasi dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Saat ini banyak industri yang menggunakan media online sebagai sarana promosi seperti YouTube. Serta perkembangan ilmu teknologi yang semakin canggih menyebabkan persaingan di dalam dunia bisnis penyedia situs belanja online semakin meningkat. Di Indonesia jumlah pengguna situs belanja online terbilang tinggi. Perusahaan situs belanja online mempunyai strategi yang efektif untuk mempertahankan penggunanya atau konsumennya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas iklan Shopee “5.5 bagi-bagi cuan” pada media online YouTube. Jenis penelitian adalah deskriptif eksploratif, dengan jenis data kualitatif serta sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Sampel dalam penelitian jni adalah sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS 25 dan menghitung hasil perolehan untuk EPIC rate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Shopee “5.5 bagi-bagi cuan” pada media online YouTube sudah menunjukkan hasil yang baik berdasarkan pada dimensi Empathy, Persuasion, Impact, Communication sehingga mendapat ulasan positif. Adapun hasil nilai EPIC rate secara keseluruhan yaitu sebesar 3,77 yang berada pada rentang penilaian 3,41 – 4,20 menunjukkan bahwa iklan Shopee “5.5 bagi-bagi cuan” pada media online YouTube berada pada tingkat efektif. Kata Kunci: Efektivitas iklan, media online YouTube, EPIC Model

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:06
Last Modified: 11 Jul 2024 07:06
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/7940

Actions (login required)

View Item View Item