Maharani Yusna, Aprillia and Zaini, Oktori Kiswati and Irawan, Towaf Totok (2024) Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen FEB Universitas Pakuan). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
CD_APRILLIA M YUSNA.pdf Download (1MB) |
Abstract
APRILLIA MAHARANI YUSNA. 021120037. Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen FEB Universitas Pakuan). Di bawah bimbingan OKTORI KISWATI ZAINI dan TOWAF TOTOK IRAWAN. 2024. Adanya media sosial TikTok mampu mendorong seseorang berperilaku konsumtif, berawal dari melihat konten dan promosi di TikTok dapat menimbulkan keinginan yang kuat untuk mengejar kepuasaan dalam diri orang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media sosial tiktok pada kalangan mahasiswa, untuk menganalisis perilaku konsumtif pada kalangan mahasiswa, dan untuk menganalisis pengaruh media sosial tiktok terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dan jenis datanya kuantitatif, dengan responden mahasiswa program studi manajemen FEB Universitas Pakuan. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling yang kemudian dilanjutkan dengan accidental sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dinilai baik dengan total skor sebesar 79,5% dan perilaku konsumtif dinilai tinggi dengan total skor sebesar 75,5%. Terdapat pengaruh media sosial tiktok terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Hal ini terbukti bahwa hasil regresi linear sederhana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,339 artinya apabila nilai media sosial TikTok meningkat maka perilaku konsumtif mahasiswa juga meningkat. Hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,138 artinya kemampuan variabel media sosial dalam menjelaskan variabel perilaku konsumtif sebesar 13,8%, sisanya 86,2% dijelaskan oleh variabel lain. Pada uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau nilai thitung 3,960 > ttabel 1,984 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media sosial TikTok terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Kata kunci : media sosial, perilaku konsumtif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 03:52 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 03:52 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8001 |
Actions (login required)
View Item |