PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP BRAND AWARENESS “FULLO” PADA FILM “MENCURI RADEN SALEH” DI KALANGAN REMAJA

Nurhasanah, Alma Agustina and Hafzotillah, Hafzotillah and PUSPANIDRA, TIARA and Siregar, Mariana Rista Ananda (2023) PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP BRAND AWARENESS “FULLO” PADA FILM “MENCURI RADEN SALEH” DI KALANGAN REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan zaman membuat banyak media baru yang lebih efektif dan efisien untuk mempromosikan iklan. Forrester Research dan Association of National Advertisers (ANA) melakukan penelitian dan mengatakan bahwa iklan TV mengalami penurunan yang tajam, hal tersebut membuat iklan di TV dianggap sudah kurang efektif. Kondisi seperti ini mengharuskan perusahaan untuk beradaptasi dengan perkembangan arus teknologi yang ada. Product placement kini menjadi strategi yang telah terbukti dan telah banyak digunakan oleh pemasar. Pemasaran produk melalui product placement juga mampu mengatasi kecenderungan kejenuhan penonton dan ketidakefektifan iklan di media televisi, karena product placement melakukan kegiatan promosi hanya dengan menempatkan produk sebagai elemen atau properti dalam film Selain itu, product placement dalam plot film juga dapat meningkatkan brand awareness oleh penonton. Dari uraian di atas peneliti ingin meneliti pengaruh product placement terhadap brand awareness “Fullo” pada film Mencuri Raden Saleh di kalangan remaja. Dalam penelitian ini teknik pengambilan data yang digunakan adalah penyebaran angket kuesioner dengan menggunakan skala Likert pada 100 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh signifikan antara variabel product placement (X) dengan variabel brand awareness (Y). Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi uji F sebesar 0,000< < 0,05 dan Fhitung sebesar 124.269 lebih besar dari Ftabel 2.701. maka hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak, menunjukkan bahwa hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara product placement terhadap brand awareness Fullo pada film Mencuri Raden Saleh. Kata kunci: brand awareness; fullo;mencuri raden saleh; product placement.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:53
Last Modified: 22 Aug 2024 03:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8018

Actions (login required)

View Item View Item