Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Ninja Xpress (Studi Kasus Ninja Xpress)

Nugraha Maulana Hakim, Azhar and Andria, Fredi and Irawan, Arie Wibowo (2024) Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Ninja Xpress (Studi Kasus Ninja Xpress). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
021117223 Azhar Nugraha Maulana Hakim Skripsi.pdf

Download (6MB)

Abstract

AZHAR NUGRAHA MAULANA HAKIM. 021117223. Manajemen Pemasaran, Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Ninja Xpress (Studi Kasus Ninja Xpress). Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan ARIE WIBOWO IRAWAN. 2024. Perusahaan jasa pengiriman barang yang saat ini sedang berkembang adalah Ninja Xpress. Ninja Xpress hadir di Indonesia pada tahun 2015. Kendati bukan sebagai peringkat satu dalam jasa pengiriman barang yang paling banyak digunakan saat ini Ninja Xpress sudah bisa dikatakan menjadi jasa pengiriman yang cukup terkenal dan menjadi salah satu pilihan prioritas bagi konsumen yang ingin mengirimkan barangnya saat ini. Namun jika dibandingkan dengan pesaingnya Ninja Xpress sangat tertinggal dari segi jumlah pengiriman terutama pada tahun 2021 dan tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif (Eksploratif) dengan metode studi kasus yang bertujuan untuk mengumpulkan data, menguraikan secara menyeluruh dan teliti sesuai dengan masalah yang akan dipecahkan. Metode analisis data yang digunakan pada peneltian ini adalah analisis faktor yang diolah dangan menggunakan SPSS 23. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Ninja Xpress Citeureup. Faktor dominan tersebut diisi oleh variabel (indikator) Budaya, kelompok acuan, kelas sosial, sumber informasi, motivasi, pengetahuan, kepribadian, persepsi, dan produk. Faktor-faktor tersebut merupakan alasan atau faktor yang menjadikan konsumen Ninja Xpress melakukan suatu keputusan pembelian. Adapun faktor yang paling tidak dominan adalah faktor dengan indikator keluarga dan promosi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keluarga tidak mempengaruhi konsumen Ninja Xpress dalam melakukan suatu keputusan pembelian yang dilakukan. Pengaruh keluarga sangat minim dan bahkan bisa dikatakan kurang berpengaruh. Selain dari itu faktor promosi juga bukan menjadi alasan utama keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen Ninja Xpress Citeureup. Dengan demikian promosi yang dilakukan oleh pihak perusahaan belum dapat dirasakan oleh konsumen Ninja Xpress sehingga alasan keputusan pembelian yang dilakukan bukan karena hasil dari promosi. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Jasa Pengiriman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:53
Last Modified: 22 Aug 2024 03:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8026

Actions (login required)

View Item View Item