PANGESTU, AGUNG and AMINAH, RATIH SITI and SATRIANI, IMANI and JAYAWINANGUN, RONI (2021) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA MEREK PADA TOKO SEPATU FIVEDEC. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
AGUNG PANGESTU_044117222 NEW - Agung Pangestu.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi marketing public relations dalam membangun citra merek pada toko sepatu FIVEDEC, mengetahui citra merek yang dimiliki oleh toko sepatu FIVEDEC. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan dilokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu kejadian dalam suatu keadaan alamiah, metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber dan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan mewawancarai satu key informan dan tiga informan, observasi pada kantor FIVEDEC dan subjek penelitian, dokumentasi serta kegiatan kepustakaan yang dapat menunjang data penelitian. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan three ways strategy yaitu push strategy, pull strategy , dan pass strategy dari Thomas L Harris(1991). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing public relations dalam membangun citra merek pada toko FIVEDEC sudah lumayan baik namun belum sepenuhnya sesuai atau berjalan dengan baik sesuai dengan three ways strategy dari Thomas L Harris. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis strategi marketing public relations pada toko sepatu FIVEDEC yang sepenuhnya masih belum sesuai dengan three ways strategy serta wawancara konsumen yang belum sesuai dengan faktor serta indikator terbentuknya suatu citra merek, Hal tersebut terjadi karena FIVEDEC lebih memilih untuk tetap berada pada posisi nyaman nya dengan hanya menggunakan sedikit media yang sudah biasanya digunakan dibalik banyaknya media lain yang belum dimanfaatkan. Strategi marketing public relations pada toko sepatu FIVEDEC dalam unpaya untuk membangun citra merek masih belum sesuai dan perlu untuk di evaluasi kembali, serta citra merek yang dimiliki oleh FIVEDEC masih belum begitu terbentuk pada fikiran dan benak konsumen dan belum sepenuhnya sesuai dengan faktor dan indikator terbentuknya suatu citra merek, namun dibalik belum sesuainya strategi yang telah FIVEDEC lakukan, FIVEDEC sudah baik dalam mencoba untuk membangun citra dan menciptakan penjualan yang signifikan serta dapat bertahan pada situasi darurat dengan cara mereka sendiri. Kata Kunci: Citra Merek, Fivedec, Marketing Public Relation
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:36 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 03:53 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8031 |
Actions (login required)
View Item |