Analisis Strategi Pemasaran pada PT.Tirtatama Elpindo

Efendi, Irsan and Zaini, Oktori Kiswati and Hayati, Yetty Husnul (2021) Analisis Strategi Pemasaran pada PT.Tirtatama Elpindo. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Mamak Irsan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Irsan Efendi. 021113062. Analisis Strategi Pemasaran pada PT.Tirtatama Elpindo. Pebimbing Oktori Kiswanti Zaini dan Yetty Husnul Hayati. 2020. Strategi pemasaran dibutuhkan perusahaan untuk meningkatkan penjualan, dan kegiatan operasional perusahaan tersebut tujuan perusahaan akan tercapai, yaitu mendapatkan keuntungan dan meningkatkan pangsa pasarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis Faktor Internal pada PT.Tirtatama Elpindo. (2) Untuk menganalisis Faktor Eksternal pada PT.Tirtatama Elpindo. (3) Untuk mengetahui strategi pemasaran pada PT.Tirtatama Elpindo berdasarkan Faktor Internal dan Eksternal. Penelitian ini dilakukan pada Pt.Tirtatama Elpindo yang berlokasi di Pasir Jambu Jln. Raya Pemda No.1, Kedunghalang, Cibinong, Bogor Utara, Jawa Barat (16158). Metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi di pengumpulan data secara sekunder. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis kualitatif, alat analisis yang dipakai adalah Matriks EFE, Matriks EFE, SWOT dan Matriks SPACE. Berdasarkan hasil EFE bahwa peluang yang harus dikembangkan yaitu kebutuhan permintaan meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan pedagang baru sedangkan ancaman dalam hal ini yaitu adanya teknologi baru yang masuk. Sedangkan untuk hasil SWOT strategi SO yaitu mempertahankan kualitas tabung gas elpiji yang akan dijual serta meningkatkan penjualan atau produksi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan harga sesuai dengan pemerintah. Sedangkan analisis IFE bahwa kekuatan finansial yang besar dari pemilik perusahaan sedangkan kelemahannya yaitu tempat yang kurang memadai, hal ini menjadi permasalahan ketika barang datang,sedangkan faktor eksternal yang dimiliki terdiri dari Faktor Kekuatan Ekonomi, Faktor Kekuatan Sosial, Budaya dan Demografi, Faktor Kekuatan Politik, Pemerintah dan Hukum, Faktor Kekuatan Teknologi, Faktor Lingkungan Industri. Strategi WO yaitu dengan melakukan kerjasama dengan pihak lainnya untuk proses produksi yang efektif dan efisien, melakukan pelatihan kepada SDM agar tetap mampu bersaing dengan kompetitor lainnya, strategi ST yaitu melakukan kerjasama dengan pihak lain agar proses produksi tidak jadi kendala, mempertahankan dengan pelanggan yang baik dengan teknologi yang ada dan Strategi WT yaitu meningkatkan kualitas serta menambah jumlah produk. Kata kunci : Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:44
Last Modified: 12 Sep 2024 06:44
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8139

Actions (login required)

View Item View Item