“Implementasi Business Intelligence Optimalisasi Produk Guna Peningkatan Profitabilitas Melalui Pemanfaatan Sinergitas Departemen Produk Perusahaan The Look Periode 2019-2022”.

Segafi Kurniawan, Muhamad and Zaini, Oktori Kiswati and Wihartika, Doni (2023) “Implementasi Business Intelligence Optimalisasi Produk Guna Peningkatan Profitabilitas Melalui Pemanfaatan Sinergitas Departemen Produk Perusahaan The Look Periode 2019-2022”. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
KASET_IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE OPTIMALISASI PRODUK GUNA PENINGKATAN PROFITABILITAS MELALUI PE.pdf

Download (6MB)

Abstract

Muhamad Segafi Kurniawan. 021119270. “Implementasi Business Intelligence Optimalisasi Produk Guna Peningkatan Profitabilitas Melalui Pemanfaatan Sinergitas Departemen Produk Perusahaan The Look Periode 2019-2022”. Di bawah bimbingan : Oktori Kiswati Zaini dan Doni Wihartika. Penelitian ini membahas implementasi Business Intelligence (BI) untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan The Look melalui sinergi departemen produk. Dalam era big data, kemampuan perusahaan dalam memproses dan menganalisis data menjadi kunci penting dalam mencapai keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan informasi data Departemen Produk perusahaan The Look dalam bentuk visualisasi grafik dan diagram yang dapat digunakan sebagai indikator untuk pengambilan keputusan, mengidentifikasi produk yang tidak menghasilkan profitabilitas yang signifikan bagi perusahaan guna optimalisasi biaya produksi, serta mengidentifikasi produk yang sering mengalami pembatalan dan pengembalian untuk memberikan analisis dan rekomendasi kepada perusahaan The Look dalam pengambilan keputusan, melalui implementasi kajian Business Intelligence yang komprehensif dan detail. Selain itu, Penelitian ini menjelaskan langkah-langkah metode pengumpulan dan pengolahan data menggunakan alat seperti Google Colab, Postgree, dan Tableau untuk menghasilkan visualisasi grafik dan diagram yang memberikan indikator dan rekomendasi bagi pengambilan keputusan di perusahaan The Look. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dashboard visualisasi data BI berperan penting dalam penentuan strategi bisnis dan memberikan rekomendasi pengambilan keputusan yang cepat dan akurat. Kata kunci : Business Intelligence. Dashoboard, Google Colab, Postgree, Tableau, The Look.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:44
Last Modified: 12 Sep 2024 06:44
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8141

Actions (login required)

View Item View Item