Ameliasari, Sarah and Andria, Fredi and Salmah, Salmah (2024) Penguatan Kapasitas Dan Kapabilitas Kemajuan Teknologi Pemasaran Melalui Implementasi Search Engine Optimization Pada Website bumisakencana.id. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
(Hardcover) Skripsi - Sarah Ameliasari - 021120356 fix.pdf Download (7MB) |
Abstract
SARAH AMELIASARI. 021120356. Penguatan Kapasitas Dan Kapabilitas Kemajuan Teknologi Pemasaran Melalui Implementasi Search Engine Optimization Pada Website bumisakencana.id. FREDI ANDRIA dan SALMAH. 2024. Penguatan kapasitas dan kapabilitas kemajuan teknologi pemasaran melalui implementasi solusi digital pada website bumisakencana.id menjadi suatu kebutuhan mendesak bagi Pelaku UMKM Kelurahan Kencana. Salah satu aspek penting dari penguatan kapasitas dan kapabilitas dalam teknologi pemasaran adalah keberadaan platform digital yang dapat membantu UMKM untuk terhubung dengan konsumen mereka secara langsung. Perusahaan dapat meningkatkan peringkat mereka di mesin pencari dengan memanfaatkan teknik SEO (Search Engine Optimization), sehingga dapat lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen. SEO adalah strategi pemasaran yang sangat vital. Terutama, 53% lalu lintas situs berasal dari hasil penelusuran organik. Diproyeksikan bahwa industri SEO global akan mencapai $122,11 miliar pada tahun 2028. Permasalahan utama UMKM Kelurahan kencana saat ini dilihat dari penggunaan website yang telah dibuat, yaitu masih belum adanya keberlanjutan pengembangan dan penggunaan website sebagai media pemasaran digital, akibatnya website bumisakencana.id ini masih minim pengunjung, dan menyebabkan jangkauan konsumen tidak luas serta tidak tersebar secara merata. Tujuan dari dilaksanakannya program ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para Pelaku UMKM Kencana dalam memanfaatkan website bumisakencana.id. Selain itu, program ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan pengunjung website, (2) Memperluas jangkauan konsumen, (3) Meningkatkan kompetensi, keterampilan dan kapabilitas dari Pelaku UMKM, dan (4) Merekomendasikan Pemanfaatan fitur-fitur yang ada di dalam website. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah (1) Meningkatnya visibilitas website, (2) Terhubungnya fitur penjualan dan pemasaran berbasis TIK dan web ke media sosial dan e-commerce, (3) Meningkatkan pengetahuan Pelaku UMKM Kelurahan Kencana meliputi pemahaman pembuatan konten artikel SEO friendly, dan optimasi SEO Off-Page (4) meningkatknya promosi yang dilakukan oleh UMKM Kelurahan Kencana, dan (5) meningkatnya penjualan produk UMKM Kelurahan Kencana. Kata kunci : SEO, Website, UMKM, Digital Marketing
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:12 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:12 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8150 |
Actions (login required)
View Item |