Alfajriani Rahmawati, Lailia and Andria, Fredi and Wihartika, Doni (2024) Utilization Of Digital Marketing Through Social Media Instagram And Marketplace Shopee As Promotional Media At Kencana Village MSME’s. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
Lailia Alfajriani Rahmawati_021120379_Skripsi MBKM.pdf Download (1MB) |
Abstract
Lailia Alfajriani Rahmawati 021120379. Utilization Of Digital Marketing Through Social Media Instagram And Marketplace Shopee As Promotional Media At Kencana Village MSME’s. Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan DONI WIHARTIKA. 2024. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah Kota Bogor yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan dari aspek pemasarannya yaitu Kelurahan Kencana. Potensi UMKM di Kelurahan Kencana memang beragam dengan banyaknya produk produk yang menarik mulai dari makanan, minuman, hiasan gantung, dan lain-lain. Permasalahan utama UMKM Kelurahan Kencana adalah belum tersedianya platform social media dan marketplace pada sebagian pelaku usaha. Hal ini menjadi suatu permasalahan yang memiliki dampak kurangnya informasi dan pengenalan UMKM Kelurahan Kencana. Agar keberhasilan dalam meningkatkan jangkauan pasar sesuai dengan harapan pelaku usaha Kelurahan Kencana maka diusulkan pemanfaatan pemasaran digital pada UMKM Kencana, sehingga dapat bersaing dengan produk UMKM serupa lainnya dan dapat meningkatkan penjualan serta jangkauan pasar. Target luaran yang diharapkan yaitu meningkatkan kompetensi masyarakat atau pelaku usaha Kelurahan Kencana tentang pemasaran digital, pembuatan akun media sosial Instagram, dan pembuatan akun marketplace Shopee. Tahapan awal pelaksanaan yaitu pengenalan social media instagram sebagai media promosi online serta marketplace shopee, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan akun media sosial instagram @bumisa_kencana sebagai wadah promosi UMKM Kelurahan Kencana. Berdasarkan hasil kuesioner setelah diadakannya pelatihan di dapat nilai rata-rata dari 17 responden pada media sosial Instagram yaitu 17.78, sedangkan pada marketplace Shopee yaitu 17.38 yang menunjukan responden sangat setuju dengan pelatihan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai media sosial Instagram dan marketplace Shopee. Kata kunci: UMKM, Social Media, Marketplace, Digital Marketing.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:14 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:14 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8156 |
Actions (login required)
View Item |