Nur Azizah, Siti (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI PLOTAGON MATERI POLA HIDUP BERGOTONG ROYONG Pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Babakan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
SKRIPSI SITI NUR AZIZAH_compressed.pdf Download (2MB) |
Abstract
Siti Nur Azizah. 037120093. Bahan ajar merupakan alat bantu yang digunakan untuk memudahkan proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman peserta didik. Namun, di SDN Babakan Bogor bahan ajar yang digunakan belum bervariatif serta berbasis digital. Oleh karena itu, di dalam pembelajaran tersebut perlu adanya pengembangan bahan ajar agar proses pembelajaran menjadi bervariatif. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk bahan ajar video animasi menggunakan Aplikasi Plotagon materi Pola Hidup Bergotong Royong di kelas IV SDN Babakan Bogor. Penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) dengan menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar instrumen yang berupa angket. Uji produk dilakukan oleh ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Hasil penilaian dari ahli media 99%, ahli bahasa 100%, dan ahli materi 91% yang artinya sangat layak untuk diimplementasikan. Serta berdasarkan uji coba terbatas yang dilakukan kepada peserta didik kelas IV sebanyak 20 orang memperoleh nilai presentase sebesar 90% yang artinya bahan ajar video animasi menggunakan Aplikasi Plotagon ini sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Bahan Ajar, Plotagon, Video Animasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 06:04 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 06:04 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8229 |
Actions (login required)
View Item |