Aisyah, Siti Nur (2023) NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL NEGERI DI UJUNG TANDUK KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Text
Siti Nur Aisyah.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Nur Aisyah: Nilai pendidikan pada novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye dan implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye, dengan menfokuskan pengkajian pada nilai kerja keras, nilai disiplin, nilai mandiri, nilai kerja sama, dan nilai kasih sayang, serta untuk mengetahui implikasi nilai pendidikan tersebut dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil temuan data yang ditemukan berupa kutipan-kutipan yang mengandung unsur nilai pendidikan, mengacu pada teori-teori nilai pendidikan yang telah diungkapkan oleh para ahli. Selanjutnya dikelompokkan pada jenis jenis temuan data masing-masing, dan setelah itu temuan data dinarasikan. Temuan data selanjutnya akan diuji keabsahannya oleh tiga orang ahli yang berkompeten dalam bidangnya atau biasa disebut triangulator. Berdasarkan pengkajian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye hasil temuan data berjumlah 78 nilai pendidikan, yang terbagi dari nilai kerja keras berjumlah 14 kutipan data, nilai disiplin berjumlah 20 data, nilai mandiri berjumlah 4 data, nilai kerja sama berjumlah 20 data, dan nilai kasih sayang berjumlah 20 data. Dari hasil penelitian ini nilai disiplin, nilai kerja sama, nilai kasih sayang sangat terlihat dalam novel ini. oleh karena itu novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye memiliki implikasi yang baik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Peneliti menganggap, kriteria yang ada dalam penelitian ini sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang terdapat dalam kurikulum 2013. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa hasil penelitian ini layak untuk dijadikan bahan ajar yang berkompeten. Khususnya untuk materi pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA. Kata Kunci: Nilai pendidikan, Novel Negeri di Ujung Tanduk, Impilikasi Pembelajaran ABSTRACT Siti Nur Aisyah: The value of education in the Country Novels On The Edge Creation Tere Liye and the implications for learning Indonesian in high school. Essay. Faculty of Teacher Training and Education, Pakuan University, Bogor, 2022. This study aims to describe the educational value contained in the novels country at the Edge of the Horn by Tere Liye, by focusing assessment of the value of hard work, the value of discipline, the value of independence, the value of cooperation, and the value of affection, as well as to know the implications of the value of education in learning Indonesian in class XI senior high school. which method used in this research is descriptive qualitative method. Findings the data found is in the form of quotations that contain elements of value education, referring to the theories of educational value that have been disclosed by experts. Then grouped on the types of data findings respectively, and after that the data findings are narrated. Further data findings will be tested for validity by three experts who are competent in their field or known as a triangulator. Based on the studies that have been carried out, it can it was concluded that Tere Liye's novels country at the Edge of the Horn was a finding the data totaled 78 educational values, which were divided into the number of hard work values 14 data citations, 20 data disciplinary values, 4 independent data values, the value of cooperation is 20 data, and the value of affection is 20 data. From the results of this study the value of discipline, the value of cooperation, the value of very affection seen in this novel. therefore Tere's novels country at the Edge of the Horn Liye has good implications for learning Indonesian in senior high school. The researcher considers that the criteria in this study are appropriate with the basic competencies contained in the 2013 curriculum. With Thus it can be concluded, that the results of this study are feasible to be used competent teaching materials. Especially for language subject matter Indonesia in class XI senior high school. Keywords: Educational value, Country Novels on the Edge, Learning Implications K
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:20 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:20 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8290 |
Actions (login required)
View Item |