PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X MA AL-HIKMAH TAJUR

EVA, FAJRIAH (2022) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X MA AL-HIKMAH TAJUR. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Eva Fajriah.pdf

Download (6MB)
Official URL: universitas Pakuan

Abstract

ABSTRAK Eva Fajriah. 032118111. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa X MA Al-Hikmah Tajur. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X MA-Al Hikmah Tajur serta mengetahui kendala yang dialami siswa pada keterampilan menulis teks eksposisi. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik tes untuk mengetahui keterampilan menulis teks eksposisi siswa, angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas X berjumlah 128. Sampel pada penelitian ini sebanyak 64 siswa, yaitu X-IPA I sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IPA II sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Berdasarkan analisis data, hipotesis pertama teruji kebenarannya terlihat dari hasil prates di kelas eksperimen diperoleh rata-rata 51,76 sedangkan hasil pascates nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,19. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan terhadap nilai siswa melalui penerapan model Project Based Learning. Berdasarkan hasil perhitungan mean dari kedua kelas menggunakan rumus t-test, diperoleh harga thitung =3,14, harga t095 =1,67 dan harga t099 = 2,39. Perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 1,67<3,14>2,93. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada keterampilan menulis teks eksposisi pada kelas eksperimen meskipun pada saat menulis teks eksposisi siswa masih mengalami kendala. Hipotesis kedua juga terbukti kebenarannya, siswa mengalami kendala pada saat menyusun argumentasi teks eksposisi melalui model Project Based Learning sebanyak (41%), kendala pada tahapan mengembangkan kerangka teks eksposisi (31%) dan penggunaan kata teknis (28%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi pada siwa kelas X MA Al-Hikmah Tajur. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Eksposisi, Project Based Learning v

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 06 Oct 2024 09:19
Last Modified: 06 Oct 2024 09:19
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8355

Actions (login required)

View Item View Item