Aplikasi Game 3D First person shooter (FPS) "Zombie" Berbasis Virtual Tour Menggunakan Metode Navigation Mes

Syamsudin, Syamsudin and Karlitasari, Lita and Erniyati, Erniyati (2024) Aplikasi Game 3D First person shooter (FPS) "Zombie" Berbasis Virtual Tour Menggunakan Metode Navigation Mes. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SIDANG SKRIPSI-065120014-SYAMSUDDIN TTD.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SCAN TTD LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI SYAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aplikasi Game 3D First person shooter (FPS) "Zombie" Berbasis Virtual Tour Menggunakan Metode Navigation Mesh Syamsuddin1 , Lita Karlitasari2 , Erniyati3 1,2,3 Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika, Universitas Pakuan, Bogor, Jawa Barat, 16143 Abstrak Abstrak Game merupakan suatu media hiburan untuk menghilangkan jenuh atau sekedar mengisi waktu senggang bagi penggunanya, biasanya pengguna tersebut adalah anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa pun dapat memainkannya (Hendrawan dan Marlina, 2022). Game tersebut ditargetkan dimulai dari usia 10 tahun keatas karena pada usia tersebut seorang anak telah mencapai tingkat kematangan mental sehingga dapat memberikan keratifitas dalam menyelesaikan tantangan permainan. game tersebut terdiri dari 3 level dengan kesulitan meningkat: level 1 dengan 4 Zombie biasa, level 2 dengan 8 Zombie termasuk Zombie kamuflase, dan level 3 dengan 12 Zombie termasuk Zombie pemimpin. Setiap level memiliki batas waktu: 3 menit untuk level 1, 4 menit untuk level 2, dan 5 menit untuk level 3. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah aplikasi Game 3D FPS "Zombie" berbasis virtual tour yang menggunakan metode Navigation Mesh. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan juga Navigation Mesh dari Unity, Zombie dapat bergerak alami menghindari rintangan. Dikembangkan dengan Unity 3D, Blender, 3DS Max, dan Photoshop, game ini offline dan berbasis Android. Hasil uji coba menunjukkan game dapat berjalan lancar pada perangkat Android 9.0 (Pie), prosesor Snapdragon 665, memori internal 64 GB, dan RAM 4 GB. Hasil penelitian menggunakan metode Navigation Mesh pada game FPS zombie berbasis virtual tour sangat disukai oleh masyarakat. Game ini menawarkan hiburan dalam genre survival horor yang mampu mengurangi rasa bosan dan jenuh, serta dapat menjadi alternatif permainan yang menyenangkan. Game ini juga tersedia untuk platform Android yang memudahkan penggunaan melalui smartphone dengan akses yang mudah Saran dalam skripsi ini yaitu setelah perancangan Game ini selesai, harapannya adalah dapat memberikan informasi dan wawasan kepada masyarakat umum tentang Game survival horor, serta pengalaman virtual tour. Keywords: Permainan, First person shooter, Zombie, Virtual Tour, Navigation Mesh,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:40
Last Modified: 14 Oct 2024 02:40
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8422

Actions (login required)

View Item View Item