Evaluasi Program Bimbingan Teknis Hukum Acara Mahkamah Konstitusi di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi

Suhardi, Suhardi and Karmila, Nita and Istiadi, Yossa (2024) Evaluasi Program Bimbingan Teknis Hukum Acara Mahkamah Konstitusi di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi. Tugas Akhir thesis, Univ. Pakuan.

[img] Text
18. Suhardi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Bimbingan Teknis Hukum Acara Mahkamah Konstitusi di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi. Penelitian ini diharapkan memberikan rekomendasi untuk perbaikan program ke depannya. Dalam studi evaluasi ini menggunakan model evaluasi CIPP dengan 4 komponen evaluasi yaitu 1) context, 2) input, 3) process, dan 4) product. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan instrumen penelitian yaitu peneliti itu sendiri. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dalam pengambilan kesimpulan, data hasil penelitian yang bersifat kualitatif yang ditemukan di lapangan dikonversi menjadi data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Bimbingan Teknis Hukum Acara Mahkamah Konstitusi telah dijalankan dengan baik dengan memperoleh nilai 71,96 pada kategori Baik dengan catatan perlu perbaikan. Hasil evaluasi komponen context program memperoleh nilai 85 atau kategori Baik Sekali. Aspek analisis kebutuhan mendapatkan kategori Baik Sekali. Aspek perumusan tujuan, perumusan sasaran, dan legalitas program mendapatkan kategori Baik. Komponen input program memperoleh nilai 82,86 atau kategori Baik Sekali. Aspek sumber daya manusia, anggaran, dan prosedur kerja mendapatkan kategori Baik Sekali. Aspek rencana pelaksanaan dan peserta mendapatkan kategori Baik serta aspek kurikulum dan sarana prasarana memperoleh kategori Cukup. Hasil evaluasi komponen process program memperoleh nilai 80 atau kategori Baik. Ketiga aspek dalam komponen process yaitu aspek pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi memperoleh kategori Baik. Hasil evaluasi komponen product program memperoleh nilai 40 atau kategori Kurang. Aspek hasil (output) mendapatkan kategori Kurang dan aspek dampak (outcome) mendapatkan kategori Kurang Sekali. Rekomendasi untuk perbaikan program adalah menyusun 1 (satu) dokumen yang resmi seperti blue print, rencana strategis, atau grand design Pusdik MK; menyusun payung hukum tentang pedoman penyelenggaraan program; meningkatkan kualitas penyusunan perencanaan program secara komprehensif; menetapkan syarat calon peserta yang spesifik; mengembangkan kurikulum; meningkatkan kualitas maupun kuantitas sarana prasarana; memanfaatkan hasil assesmen awal dengan baik; mengembangkan jadwal kegiatan dan metode penyelenggaraan; mendokumentasikan setiap pengawasan yang dilakukan; menyelenggarakan evaluasi secara komprehensif; meningkatkan capaian indikator jumlah peserta; meningkatkan capaian tingkat pemahaman peserta; mengembangkan instrumen pengukuran tingkat pemahaman peserta; mengevaluasi cara mengkonversi nilai hasil pretest-posttest; menetapkan indikator keberhasilan program mengenai tingkat kelulusan peserta bimtek; dan menyusun instrumen untuk mengukur dampak (outcome) program yang sifatnya jangka panjang

Item Type: Thesis (Tugas Akhir)
Subjects: Pascasarjana > ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Divisions: Pascasarjana > Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UNPAK
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:09
Last Modified: 22 Oct 2024 02:09
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8564

Actions (login required)

View Item View Item