Intan, Widiasari (2022) Kefektifan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Menulis Teks Resensi Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
INTAN WIDIASARI_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Intan Widiasari: Kefektifan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Menulis Teks Resensi Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Google Classroom dalam meningkatkan keterampilan menulis teks resensi pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Bogor, serta mengetahui kendala yang dialami peserta didik dalam menulis teks resensi. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan teknik tes, angket, observasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks resensi, menggunakan Google Classroom. Teknik angket digunakan untuk mengetahui kendala peserta didik dalam menulis teks resensi. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Bogor dan sampel kelas XI MIPA 1 (x) XI MIPA 2 (y). Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama terbukti kebenerannya, bahwa penerapan Google Classroom dapat meningkatkan keterampilan menulis teks resensi. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan keterampilan menulis teks resensi di kelas eksperimen. Hasil prates di kelas eksperimen diperoleh bahwa peserta didik mempunyai tingkat kemampuan nilai rata-rata 54,5. Hasil pascates di kelas eksperimen mempunyai tingkat kemampuan dengan nilai rata-rata 73,45. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan antara hasil pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom. Bukti tersebut dikuatkan lagi dengan adanya perbedaan yang signifikan antara skor hasil tes kelas eksperimen dengan Google Classroom dan kelas kontrol menggunakan Moodle. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus ttes, diperoleh harga t₀,₉₉ = 1,67 dan harga t₀,₉₅ = 2,00. Dengan demikian, t-hitung jauh lebih besar dari pada t-tabel atau harga t-hitung signifikan nilai t-tabel<, yaitu 1,67<4,59>2,00. Dengan demikian, Google Classroom dapat meningkatkan keterampilan menulis teks resensi pada peserta didik.. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Resensi, Media Google Classroom.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 05:01 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 05:01 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8568 |
Actions (login required)
View Item |