PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PGRI 1 CIAWI KABUPATEN BOGOR

SANTI, MARYANI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PGRI 1 CIAWI KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SELESAI SKRIPSI SANTI MARYANI_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Santi Maryani. 032120058. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Peserta Didik Kelas VII SMP PGRI 1 Ciawi Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah Bimbingan Wildan Fauzi Mubarock, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik mandiri dan mampu memecahkan masalah secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks berita peserta didik kelas VII SMP PGRI 1 Ciawi serta untuk mengetahui kendala peserta didik dalam menulis teks berita melalui model Problem Based Learning. Metode yang digunakan yaitu eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VII SMP PGRI 1 Ciawi berjumlah 160 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 peserta didik yaitu kelas VII-E berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan saat menerapkan model Problem Based Learning. Hal tersebut dilihat dari rata-rata kelas eksperimen pada pretest adalah 48,43 persentase 48% dan mengalami peningkatan pada nilai posttest menjadi 87 persentase 87%. Hasil nilai pretest pada kelas kontrol 41 persentase 41% dan mendapat nilai posttest 80 persentase 80%. Berdasarkan hasil hitung yang dilakukan dengan melihat perbandingan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus t-tes diperoleh ttabel taraf signifikan 1% sebesar 2,38 serta ttabel taraf signifikan 5% sebesar 1,67. Dengan begitu, thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel dan dapat dikatakan signifikan karena ttabel<thitung, yakni 2,38<3,09>1,67. Terdapat kendala terbesar peserta didik saat pembelajaran menulis teks berita menggunakan model Problem Based Learning yang dialami 32 peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 13 peserta didik persentase 41% saat mengembangkan unsur “mengapa”, kendala mengembangkan unsur “bagaimana” sebanyak 19 peserta didik persentase 59% serta kendala saat menggunakan kaidah kebahasaan sebanyak 19 peserta didik persentase 59%. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Keterampilan Menulis, Teks Berita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 24 Oct 2024 05:01
Last Modified: 24 Oct 2024 05:01
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8570

Actions (login required)

View Item View Item