Pengaruh Kualitas Pelayanan Medical Check Up Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Ciawi

Aqiilah, Nur and Salmah, Salmah and Suganda, Erik Irawan (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Medical Check Up Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Ciawi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
skripsi akhir nur aqiilah .pdf

Download (2MB)

Abstract

NUR AQIILAH. 021120023. Pengaruh Kualitas Pelayanan Medical Check Up Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Ciawi. Skripsi. Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Di bawah bimbingan: SALMAH dan ERIK IRAWAN SUGANDA. 2024. Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang sangat penting dalam mempercepat peningkatan kesehatan masyarakat. Hal ini menuntut penyedia layanan kesehatan, yaitu rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik, tidak hanya layanan yang bersifat penyembuhan penyakit tetapi juga mencakup layanan pencegahan. Oleh karena itu, rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Berdasarkan analisis Kualitas Pelayanan pada pada Medical Check up di RSUD Ciawi termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis deskriptif hasil rata-rata tanggapan responden pada variabel Kualitas Pelayanan yaitu sebesar 85,53%. Kepuasan Pasien pada Medical Check up di RSUD Ciawi termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis deskriptif hail rata-rata tanggapan responden pada variabel kepuasan pasien yaitu sebesar 84,45%. Kualitas Pellayanan belrpelngaruh positif telrhadap kelpuasan Pasieln pada Meldical Chelck up di RSUD Ciawi. Belrdasarkan hasil uji relgrelsi linielr seldelrhana melnunjukkan dengan koefisien regresi kualitas pelayanan bernilai positif sebesar 0,107, artinya setiap kualitas pelayanan bernilai 1, maka kepuasan pasien sebesar 0,107. Dan berdasarkan hasil koefisien determinasi besarnya nilai korelasi (R) sebesar 0,481 dan R Square sebesar 0,231. Hal ini berarti 23,1% variabel kualitas pelayanan dapat dijelaskan oleh variabel kepuasan kerja, dan sisanya sebesar 79,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung (2,903) > t tabel (2,052), yang berarti dapat disimpulkan H₀ ditolak dan Ha diterima. Artinya kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa uji hipotesis pada penelitian ini diterima, yang menunjukan bahwa kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan pasien pada medical check up di RSUD Ciawi. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:33
Last Modified: 07 Nov 2024 03:33
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8654

Actions (login required)

View Item View Item