Pengaruh Promosi Terhadap Minat Kunjung Pada Wisata Land.euh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2020)

Hafiezt Leon Nugroho, Hanesta and Muharam, Hari and Andrianto, Nizam Muhammad (2024) Pengaruh Promosi Terhadap Minat Kunjung Pada Wisata Land.euh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2020). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Hanesta.pdf

Download (2MB)

Abstract

HANESTA HAFIEZT LEON NUGROHO. 021120222. Pengaruh Promosi Terhadap Minat Kunjung Pada Wisata Land.euh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2020). Dibawah bimbingan HARI MUHARAM dan NIZAM MOHAMMAD ANDRIANTO. 2024. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui promosi wisata Land.euh 2) untuk mengetahui minat kunjung pada wisata Land.euh, 3) untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap Minat kunjung pada wisata Land.euh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2020). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan verifikatif. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Sampel penelitian ini sebanyak 80 mahasiswa. Land.euh merupakan salah satu wisata di Resort PTN Tapos yang berlokasi di Desa Cibedug, Kec. Ciawi, Kabupaten Bogor dan merupakan salah satu tempat wisata yang termasuk ke dalam naungan Taman Nasional Gunung Gede Pangranggo. Pengelolaan wisata Land.euh bertujuan untuk pengawasan hutan konservasi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, serta mendorong budaya dan mendorong UMKM bisnis masyarakat yang ada pada sekitar Kawasan Land.euh. Hasil penelitian menunjukkan 1) Variabel promosi, total skor rata-rata dari tiga indikator tersebut setelah dihitung skor rata-rata adalah 79.71% sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi pada kategori sangat baik. Nilai rata-rata tertinggi pada pernyataan promosi yang dilakukan oleh Land.euh melalui media online dan offline mudah dimengerti sebesar 83,75%, sedangkan nilai rata-rata terendah pada pernyataan Promosi yang dilakukan oleh Land.euh melalui media online dan media offline diketahui banyak orang sebesar 64,75%, 2) Variabel minat kunjung, total skor rata-rata dari lima indikator tersebut setelah dihitung skor rata-rata adalah 87,33% sehingga dapat disimpulkan bahwa minat kunjung pada kategori sangat baik. Nilai rata-rata tertinggi pada pernyataan saya sangat setuju bahwa wisata Land.euh merupakan tempat wisata yang menarik dan bermanfaat sebesar 91,25%, sedangkan nilai rata-rata terendah pada pernyataan saya tertarik dan tidak ragu untuk mengunjungi Land.euh sebesar 71,25%, 3) Hasil uji t menunjukkan nilai thitung > ttabel (7,618 > 1,990), dengan nilai signifikan (0,000 < 0,05 Hal tersebut menunjukan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung di wisata Land.euh, artinya jika variabel promosi ditingkatkan, maka minat kunjung juga akan meningkat. Dengan sumbangan kontribusi variabel promosi berpengaruh sebesar 42,7% terhadap minat kunjung, sedangkan sisanya sebesar 57,3% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci: Promosi, Minat kunjung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:13
Last Modified: 20 Nov 2024 02:13
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8676

Actions (login required)

View Item View Item