Analisis Sistem Antrian Pada Kopi Nako Dalam Upaya Peningkatan Efisiensi Pelayanan

Pernanda Ichsan, Reza and Rully, Tutus and Wihartika, Doni (2024) Analisis Sistem Antrian Pada Kopi Nako Dalam Upaya Peningkatan Efisiensi Pelayanan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi_Reza Pernanda Ichsan_Revisi Sidang new NEW Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Reza Pernanda Ichsan 021119255. Analisis Sistem Antrian Pada Kopi Nako Dalam Upaya Peningkatan Efisiensi Pelayanan. Di bawah bimbingan TUTUS RULLY dan DONI WIHARTIKA 2024. Kedai kopi tidak lagi sekedar menawarkan racikan dan sajian kopi khasnya saja, tetapi diperlukan penguatan bagi pemilik kedai kopi dalam rangka optimalisasi pelayanan yang berkualitas dan efisien. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan sistem antrian dan menghasilkan sistem antrian yang optimal dalam upaya peningkatkan efisiensi pelayanan Kopi Nako. Jenis penelitian yaitu deskriptif (eksploratif) kuantitatif denan menggunakan data kuantitatif berupa data sekunder dan data primer. Metode analisis adalah analisis deskriptif, analisis kuantitatif (sistem antrian) dengan model multhipel chanel-multhi phase, trade off dan tingkat efisiensi pelayanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem antrian Kopi Nako menerapkan sistem antrian dengan model Multichannel-Multhiphase yang memiliki disiplin antrian first in fist out. Pola kedatangan yang tidak terprediksi terjadi rata-rata tingkat pelayanan kurang dari rata-rata kedatangan menjadikan waktu tunggu pelanggan yang cukup lama. Hasil analisis perbandingan, pada saat hari senggang, tingkat pelayanan yang optimal akan terlihat dari hasil analisis total cost yang paling minimum sebesar Rp 231.365 yang disertai tingkat efisiensi sebesar 166% dengan menambah satu unit. Sedangkan pada saat hari teramai, tingkat pelayanan yang optimal akan terlihat dari hasil analisis total cost yang paling minimum sebesar Rp 137.582 yang disertai tingkat efisiesni sebesar 221% dengan menambah dua unit. Kata Kunci: Sistem Antian, Peningkatan dan Efisiensi Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 05 Dec 2024 13:42
Last Modified: 05 Dec 2024 13:42
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8739

Actions (login required)

View Item View Item