PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERMEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CIOMAS

Sinta, Dwi Yuliani (2023) PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERMEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CIOMAS. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
(Print) SKRIPSI Sinta Dwi Y.-1_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sinta Dwi Yuliani. 032119044. Penggunaan Model Teams Games Tournament Bermedia Puzzle Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ciomas. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Sandi Budiana, M.Pd. dan Roy Efendi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Teams Games Tournament bermedia Puzzle dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ciomas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ciomas, dengan metode penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan terbagi ke dalam dua, yaitu tes berupa prates dan postes, dan nontes berupa angket. Pengambilan sampel ditentukan dengan secara acak (cluster random sampling). Dari hasil pengambilan sampel diperoleh kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini terdapat dua hipotesis, hipotesis pertama yaitu penggunaan model Teams Games Tournament bermedia Puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ciomas yang dapat diuji kebenarannya berdasarkan hasil data yang telah diperoleh. Hasil yang diperoleh dari perbandingan mean dengan menggunakan rumus uji-t yaitu diperoleh t-hitung sebesar 6,11 sehingga diperoleh hasil yang menunjukkan t₀٫₉₅ (0,05) yaitu 1,67 dan t₀٫₉₉ (0,01) yaitu 2,39. Dengan demikian t- hitung lebih besar dari t-tabel karena nilai t-tabel<t-hitung>t-tabel yaitu 1,67<6,11>2,39. Kemudian hipotesis kedua dapat diuji kebenarannya, yaitu terdapat kendala dalam menentukan kaidah kebahasaan pada saat menulis teks deskripsi, hal ini dilihat pada hasil angket yang menyatakan bahwa dari 31 siswa, terdapat 17 siswa dengan persentase 55% yang menjawab “setuju”, sedangkan sebanyak 9 siswa menjawab “tidak setuju” dengan persentase 29%, lalu sebanyak 4 siswa menjawab “sangat tidak setuju” dengan persentase 13%, dan sebanyak 1 siswa menjawab “sangat setuju” dengan persentase 3%. Hal tersebut menyatakan bahwa sebagian besar siswa mengalami kendala dalam menentukan kaidah kebahasaan pada saat menulis teks deskripsi. Kata kunci: keterampilan menulis, teks deskripsi, model Teams Games Tournament, media puzzle.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 19 Dec 2024 04:54
Last Modified: 19 Dec 2024 04:54
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8765

Actions (login required)

View Item View Item