ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 CIBARUSAH

Mohamad, Fauzan (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 CIBARUSAH. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Lengkap Mohamad Fauzan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mohamad Fauzan: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Eksposisi Kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan pegangan dasar seorang guru dalam mengajar di dalam kelas untuk lebih terarah dan efektif. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat dibuat dan dikembangkan secara eksplisit oleh guru sebagai pedoman untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, guru dapat mengetahui dan menyesuaikan metode atau model pembelajaran yang akan digunakan terhadap suatu materi yang dipelajari. Model pembelajaran adalah salah satu komponen yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Model pembelajaran merupakan penunjang yang sangat penting bagi guru dalam menghidupkan suasana pembelajaran di dalam kelas agar lebih menarik dan efektif. Pada tulisan ini, peneliti akan menganalisis model pembelajaran discovery learning dalam Rencana Pelakasanaan Pembelajaran teks eksposisi kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian langkah-langkah pembelajaran model pembelajaran discovery learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks eksposisi kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah. Penelitian dilakukan pada empat kali pertemuan yang terdapat pada dua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode penelitian kualitatif menggunakan teknik triangulasi (gabungan) untuk mengumpulkan sebuah data. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan membaca pada bagian yang dijadikan fokus dan subfokus penelitian. Bagian data yang dijadikan fokus dan subfokus tersebut adalah langkah-langkah model pembelajaran discovery learning. Keabsahan data analisis temuan dilakukan oleh triangulator yang berjumlah tiga orang. Tujuan dari penelitian ini, peneliti dapat mendeskripsikan kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning. Hasil yang didapatkan dan telah dicek keabsahannya melalui tiga triangulator bahwa analisis langkah-langkah model pembelajaran discovery learning yang terdapat pada dua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran telah sesuai. Terdapat 104 data yang telah didapatkan oleh peneliti. Walau langkah-langkah model pembelajaran discovery learning pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran telah sesuai namun Kompetensi Dasar belum semuanya tercapai. Kata kunci: Model discovery learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, teks eksposisi, kualitatif, dan triangulator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 28 Dec 2024 02:17
Last Modified: 28 Dec 2024 02:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8783

Actions (login required)

View Item View Item