ANALISIS KESESUAIAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA KELAS VII DI SMP BINA PUTERA

Mochamad, Lutviantono (2021) ANALISIS KESESUAIAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA KELAS VII DI SMP BINA PUTERA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI Fixxxx.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mochamad Lutviantono: Analisis Kesesuaian Langkah-Langkah Model Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Cerita Fantasi Kelas VII SMP Bina Putera, Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2020. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah suatu rencana yang terstruktur secara prosedur dan pengorganisasian pembelajaran dengan bertujuan mencapai kompetensi dasar agar pembelajaran berjalan dengan baik. Salah satu komponen penting pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah model pembelajaran. Peneliti menganalisis sintak model pembelajaran Discovery Learning pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks cerita fantasi kelas VII SMP Bina Putera. Subfokus pada penelitian ini adalah kesesuaian langkah-langkah Discovery Learning pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks cerita fantasi kelas VII SMP Bina Putera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu deskripsi kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka untuk mengkaji Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks cerita fantasi kelas VII SMP Bina Putera. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan sebanyak 70 data yang terdapat dalam tiga pertemuan RPP dengan kompetensi dasar 3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar dan 4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca. Hasil penelitian menunjukkan seluruh data dalam RPP tersebut telah menerapkan keenam sintak model pembelajaran Discovery Learning sesuai dengan teori dan prosedur model pembelajarannya. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Teks Cerita Fantasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 28 Dec 2024 05:57
Last Modified: 28 Dec 2024 05:57
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8788

Actions (login required)

View Item View Item