Almuzaidilla, Zahra and Ramdani, Sri Hidajati and Hasrul, Hasrul (2024) Analisis Positioning Top 4 Brand Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2024 ZAHRA 021120224.pdf Download (1MB) |
Abstract
Zahra Almuzaidilla, 021120224. Analisis Positioning Top 4 Brand Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan: Sri Hidajati Ramdani dan Hasrul. 2024. Positioning memegang peran penting dalam menentukan posisi merek smartphone. Di tengah persaingan yang semakin sengit dalam pasar smartphone, strategi positioning produk menjadi sangat krusial. Keberhasilan sebuah produk dalam menghadapi persaingan tergantung pada cara produk tersebut diposisikan di pasar yang dituju dan bagaimana pandangan konsumen terhadap produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis positioning dari empat merek smartphone di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan metode penarikan sampel non probability sampling berdasarkan lameshow. Metode analisis data yang digunakan yaitu multidimensional scaling. Objek penelitian ini adalah variabel positioning dengan indikator atribut, harga dan kualitas, aspek penggunaan, pemakai produk, kelas produk tertentu, dan pesaing. Hasil penelitian dengan uji multidimensional scaling menunjukan bahwa smartphone Samsung paling baik dengan keunggulan pada indikator atribut, aspek penggunaan, pemakai produk dan pesaing. Diikuti oleh smartphone Xiaomi yang memiliki keunggulan harga dan kualitas, Oppo yang memiliki keunggulan kelas produk tertentu serta diikiti oleh Vivo dan Merek lain. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Positioning , Multidimensional Scaling (MDS)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 28 Dec 2024 05:57 |
Last Modified: | 28 Dec 2024 05:57 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8789 |
Actions (login required)
View Item |