PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X MA UNWANUL FALAH SENTUL BOGOR

SILVI, NOVIANTRI (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X MA UNWANUL FALAH SENTUL BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SILVI NOVIANTRI .pdf

Download (1MB)

Abstract

Silvi Noviantri. Penerapan Metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X MA Unwanul Falah Sentul Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode PAIKEM dalam meningkatkan kemampuan menulis teks biografi pada siswa kelas X MA Unwanul Falah Sentul Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes (angket dan observasi). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Unwanul Falah Sentul Bogor. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan metode PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan menulis teks biografi pada siswa kelas X MA Unwanul Falah dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data pretest kelas eksperimen dengan nilai ratarata 61,9 (Cukup Berhasil), dan hasil posttest kelas eksperimen dalam menulis teks biografi meningkat dengan nilai rata-rata 85,66 (Sangat Berhasil). Sementara nilai rata-rata pretest kelas kontrol 60,4 (Kurang Berhasil), dan hasil posttest nilai ratarata kelas kontrol 72,52 (Cukup Berhasil). Hasil perhitungan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rumus uji-t, diperoleh thitung = 4,47 dan db = 48, dan diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,01 dan ttabel pada taraf signifikan 1% = 2,68. Dengan demikian, nilai thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 2,01<4,47>2,68. Hipoteseis kedua yaitu siswa kelas X MA Unwanul Falah Sentul masih mengalami kendala dalam menulis teks biografi dengan metode PAIKEM. Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya analisis angket yang menyatakan bahwa saat mencari informasi dalam menulis teks biografi berjumlah 23 siswa dengan persentase 92%, mengembangkan ide atau gagasan saat menulis teks biografi berjumlah 22 siswa dengan persentase 88%, serta penggunaan kata kerja VIII mental dalam menulis teks biografi berjumlah 21 siswa dengan persentase 84%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapam metode PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan menulis teks biografi pada siswa kelas X MA Unwanul Falah Sentul Bogor meskipun masih mengalami kendala Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Teks Biografi, Metode PAIKEM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 06 Jan 2025 03:16
Last Modified: 06 Jan 2025 03:16
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/8795

Actions (login required)

View Item View Item